Hallobogor.com, Cisarua – Status sekolah negeri atau swasta bukanlah parameter dalam menciptakan lulusan yang berkualitas. Adalah SMK Bhineka Nusantara (Bhinus) di Jalan Hankam Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor contohnya. Sekolah berstatus swasta ini mampu menciptakan lulusan-lulusan yang kompetitif.

“Lulusan dari sekolah kami ini siap bersaing dengan lulusan-lulusan dari sekolah-sekolah favorit sejenis yang ada di Bogor ini. Dan itu terbukti 95 persen lulusan di sini langsung mendapat pekerjaan, karena kami mengajarkan kepada semua siswa dengan menonjolkan kepada pembangunan mentalnya agar bisa menjadi kompetitor yang handal kelaknya,” kata Kepala SMK Bhinus, Edi Rosadi.

Edi mengatakan, sekolahnya jarang mendapatkan bantuan dari pemerintah. Padahal, saat ini sekolahnya sedang membutuhkan pembiayaan cukup besar untuk meningkatkan pembangunan gedung sekolah menjadi tiga lantai.

“Impian saya ingin membangun tiga lantai berdasarkan masterplannya. Untuk dana bisa dari mana saja, contohnya dalam pembangunan lantai dua tanpa anggaran dari pemerintah tetap bisa dijalankan dengan mempekerjakan 5 orang buruh bangunan. Masih ada orang yang mau menzakatkan sebagian hartanya kepada kami,” ungkapnya.

Dirinya tak menampik pernah mendapatkan dana bantuan dari pemerintah. “Kami dapat hanya Dana Alokasi Khusus (DAK), itu pun pada tahun 2013 lalu dan kami alokasikan untuk pembangunan perpustakaan,” kata dia.

SMK Bhinus kini memiliki 436 siswa, 41 staf pengajar dan dibantu oleh lima orang tenaga Tata Usaha. SMK Bhinus memiliki tiga jurusan terdiri dari perhotelan, bisnis manajemen, dan akuntansi. (wan)