Hallobogor.com, Istana – Kebakaran Hutan dan Lahan yang terjadi Di Provinsi Riau, mengakibatkan kabut asap dan kondisi udara yang tidak sehat, sehingga banyak masyarakat yang mengalami penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Aksi yang dilakukan oleh Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau Bogor (IKPMRB), Kamis (17/9) di depan Istana Bogor, merupakan bentuk kepedulian Mahasiswa Bogor terhadap masyarakat yg dilanda bencana kabut asap.

“Bencana ini harus segera ditanggapi serius oleh pemerintah pusat, sampai saat ini pemerintah pusat belum ada tindakan, kami menginginkan bencana ini menjadi status bencana Nasional. Bukan Bencana Daerah,” papar Sudrajat dalam orasinya.

Selain itu, puluhan mahasiwa juga meminta kepada Presiden Jokowi untuk segera mengatasi permasalahan kabut asap di Provinsi Riau. Upaya yang dilakukan mestinya mencabut izin perusahan HTI dan Perusahan sawit yang terlibat pembakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

Mahasiswa minta agar pemerintah segera melakukan tindakan tegas dengan memberikan sanksi hukum kepada pelaku pembakaran hutan seberat beratnya agar kejadian ini tidak terulang kembali.

“Kami juga akan akan aksi besar-besaran ke Jakarta besok, dengan membawa massa yang lebih banyak.”Pungkas Sudrajat ketua IKPMRB Universitas Djuanda.

Masalah pembakaran lahan ini bukanlah yg pertama kalinya. Kejadian pembakaran lahan dan kabut asap sering terjadi di Provinsi Riau.
Namun pemerintah tidak terlihat adanya tindakan yang nyata, mengatasi masalah ini. (odoy)