Hallobogor.com, Bogor – Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan (Unpak) Bogor, Jawa Barat menampilkan 50 karya seni dalam kegiatan bertajuk “Resital Seni Pertunjukan” di Graha Pakuan Siliwangi (GSP) kampus Unpak, Senin (24/6/2019), di Kota Bogor.

“Hari ini dan besok berupa Resital Seni Pertunjukan. Tahun ini ada 55 karya yang tergolong dalam tiga genre, ada genre tari, ada genre karawitan, dan genre teater,” kata Dekan FISIB Unpak, Agnes Setyowati di Bogor.

Menurutnya, kegiatan tahunan yang sudah digelar dua kali ini merupakan bagian upaya dari FISIB Unpak melestarikan kebudayaan nusantara sehingga bisa diwariskan turun menurun hingga pada generasi milenial.

“Jadi FISIB punya satu mata kuliah, yaitu seni budaya yang mahasiswanya di akhir semester menampilkan suatu kreativitas untuk ditampilkan di ruang publik,” kata wanita yang juga merupakan pengamat budaya itu.

Agnes mengatakan, salah satu yang dikedepankan yaitu budaya pencak silat. Alasannya, budaya yang masuk dalam genre tari ini menurutnya sudah terkenal di tanah sunda.

Keseriusannya itu dibuktikan dengan cara menghadirkan bintang tamu aktor Hollywood yang peduli pada dunia pencak silat, yakni Cecep Arif Rahma. karena pemeran “The Assasin” dalam film “The Raid 2″ ini juga merupakan alumi FISIB Unpak tahun 97.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Sahlan Rasyidi di tempat yang sama mengatakan bahwa masyarakat Bogor terbilang memiliki minat yang tinggi terhadap pencak silat, karena terdapat perguruan silat Cimande di Caringin Kabupaten Bogor.

“Bahkan perguruan pencak silat di Bogor sekarang semakin banyak. Pencak silat di Bogor semakin berkembang,” kata Sahlan, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (fik)