Hallobogor.com, Cisarua – Banyak cara yang bisa dilakukan dalam memperingati Hari Pahlawan. Bagi para pegiat lingkungan di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, memilih memngit sampah di Sungai Ciliwung dan terus menggeber penanaman pohon untuk merawat keasrian Puncak, di Kecamatan Cisarua dan Megamendung.

“Gerakan hidup sadar lingkungan ini harus diawali dari diri sendiri dengan melatih diri yang bisa diawali dari sikap sederhana dengan tidak buang sampah sembarangan apalagi ke daerah aliran sungai,” kata Ketua Pegiat Lingkungan di Desa Batulayang Kecamtan Cisarua, Deni.

Deni mengatakan, aksi turun ke sungai dengan membersihkan sampah dari aliran Sungai Ciliwung bukanlah solusi akhir dalam menjaga lingkungan. Namun itu semua satu modal dasar untuk mencapai kesadaran masyarakat yang berawal dari diri betapa pentingnya menjaga kestabilan lingkungan tanpa ada paksaan dari pihak siapapun.

“Kegiatan ini murni hanya untuk menggugah kembali kesadaran masyarakat. Jangan bermimpi dengan mengangkat sampah turun ke Sungai Ciliwung seperti ini bisa menyelesaikan masalah sekarang. Tapi ini hanya sebagai penggugah kesadaran untuk jangka panjang, betapa pentingnya menjaga lingkungan. Disadari atau tidak sampah merupakan salah satu pemicu  bencana,” tegasnya.

Sementara Ketua Ecovillage Lestari Cisarua, Jenal, mengaku bersyukur aksi peduli lingkungan dengan membersihkan Sungai Cilieung dari sampah dan aksi tanam pohon didukung semua elemen masyarakat di Kecamatan Cisarua hingga beberapa OKP terlibat dalam kegiatan ini.

“Dengan adanya aksi pungut sampah di Sungai Ciliwung ini semoga semua elemen masyarakat puncak terutama yang berada di sekitaran DAS Ciliwung tergugah kesadarannya agar tak lagi ada yang buang sampah ke aliran sungai,” harapnya. (wan)