Hallobogor.com, Bogor – Mantan rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ir Achmad Memed Satari, MF meninggal dunia di Rumah Sakit Fatmawati pada Senin, 4 April 2016, pukul 21.46 WIB karena sakit dalam usia 83 tahun.

Dalam siaran pers yang diterima Hallobogor.com di Jakarta pada Selasa (5/3), IPB mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Prof Dr Ir Achmad Memed Satari, MF.

“Segenap civitas akademika IPB menyatakan rasa duka yang mendalam. Semoga amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, diampuni dosa-dosanya dan ditempatkan di sebaik-baiknya tempat disisi Allah SWT,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Keahasiswaan, Prof Dr Yonny Kusmaryono, MSc.

Yonny mengenang Almarhum Prof Satari sebagai Guru Besar yang sangat disegani dan rektor yang memiliki integritas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat tinggi.

“Beliau adalah Bapak dan Guru yang sangat dihormati, yang dengan bijak senantiasa mendukung dan mengayomi gerakan-gerakan mahasiswa pada waktu itu. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Bandung pada esok hari, Selasa 5 April 2016,” kata Yonny.

Almarhum lahir tanggal 13 Maret 1933. Lulus Insinyur dari Jurusan Kehutanan UI pada 1958, Master of Forestry dari Oregon State University pada 1961 dan PhD dalam bidang Soil Science dari Michigan State University pada 1967.

Sebagai ilmuwan selanjutnya beliau berkarir di Fakultas Pertanian, dengan spesialisasi Ilmu Tanah. Almarhum diangkat menjadi Guru Besar dalam bidang Ilmu Tanah di IPB tahun 1970.

Almarhum adalah Rektor IPB periode 1970-1974 dan 1974-1978. Hal yang monumental yang dilakukan delama masa jabatannya adalah menyusun rencana pengembangan IPB untuk pertama kalinya, melaksanakan kurikulum Sarjana 4 tahun pada 1972, dan pendirina Sekolah Pascasarjana (1975) dan pembukaan Program Doktor (1978) Almarhum adalah Ketua Konsorsium Ilmu-ilmu Pertanian yang pertama. (rza)