Hallobogor.com, Bogor-
Sebanyak 40 pengurus kecamatan masyarakat rantau dari Mandailing Natal di Kabupaten Bogor, mendeklarasikan diri mendukung pasangan nomor urut 3 yakni Jaro Ade dan Ingrid Kansil (JADI). Deklarasi ini dipimpin langsung Ketua Masyarakat Rantau (MARS) Sahaja H. Sarul Basri Hasibuan. Ia mengatakan, kata Mars Sahaja diambil karena berasal dari daerah Tapanuli Selatan yang artinya bersinar terang.
“Semoga Bapak Jaro Ade bisa membawa seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bogor sejahtera dan bersinar cerah,” ujar Hasibuan dalam sambutannya di hadapan puluhan ketua Mars Sahaja tingkat kecamatan.
Menurutnya, seluruh anggota Mars Sahaja yang merupakan masyarakat rantau dari daerah Sumatera Utara harus memperjuangkan sahabatnya tanpa harus ada imbalan. Karena, persahabatan itu tidak bisa diukur dengan uang.
“Bapak Jaro Ade ini sudah kami anggap saudara sendiri, dan jangan sampai kita meninggalkannya. Beliau wajib kita perjuangkan sebagai Bupati Bogor periode 2018-2023,” ucapnya yang langsung diamini para peserta.
Hal senada dikatakan Pembina Mars Sahaja Edwin Alfaijun Siregar. Ia mengaku bangga Jaro Ade bisa hadir bersama seluruh keluarga besar masyarakat rantau yang rata-rata berasal dari daerah Mandailing Natal.
“Saya begitu terharu dengan semangat yang digelorakan oleh saudara-saudara semua, dan ini merupakan spirit tersendiri bagi kami untuk memenangkan pasangan Jaro Ade dan Ingrid Kansil menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bogor,” katanya.
Ia menjelaskan, dalam perjuangan ini uang bukanlah segalanya, namun persaudaraanlah yang utama berdasarkan rasa kebersamaan demi persaudaraan.
“Kami yakin melalui persaudaraan dari seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bogor, Pak Jaro Ade bisa menjadi Bupati Bogor,” ungkapnya.
Edwin menuturkan, seluruh keluarga besar Mandailing Natal harus berkorban, bukan hanya waktu, tenaga, dan uang, namun juga doa agar selalu memperjuangkan pasangan nomor JADI menjadi pemimpin yang amanah bagi masyarakat Kabupaten Bogor.
“Sebagai tonggak perjuangan, kami pun membentuk organisasi untuk pemilih pemula di Bogor,” bebernya.
Bahkan, sambung Edwin, ada sekitar 5.000 anggota yang tersebar di seluruh Kabupaten Bogor dari 40 kecamatan dengan dibagi lima zona.
Tak hanya itu, hadir pula Ketua DPD PAN Kabupaten Bogor Arif Abdi Harahap yang ternyata masih keturunan tanah Sumatera Utara. Dalam sambutannya sebagai ketua partai yang mengusung pasangan JADI, dirinya mengaku harus komitmen bersama seluruh keluarga besar PAN untuk memenangkan Bapak Jaro Ade dan Ibu Ingrid Kansil menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bogor.
“Semoga apa yang kita perjuangkan ini bisa memperoleh hasil yang maksimal, dan pasangan JADI ini bisa memimpin Kabupaten Bogor demi membahagaikan rakyat,” tegasnya.
Menanggapi dukungan yang terus mengalir, Calon Bupati Bogor nomor urut tiga yakni H. Ade Ruhandi alias Jaro Ade mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh keluarga besar Mandailing Natal yang telah membentuk Mars Sahaja.
“Kebetulan kami memiliki tujuh program andalan yang terdiri dari pendidikan gratis plus-plus, bantuan modal untuk petani, tambahan dana desa Rp1 miliar/tahun, bantuan dana Rp200 juta, 500 ribu lapangan kerja baru, kesehatan gratis, dan bantuan untuk UMKM,” tutur Jaro Ade.
Ia menyontohkan satu hal dari tujuh pilar tersebut yakni, masalah pertanian. Apalagi, berbicara soal pertanian tidak terlepas dari tiga hal yakni, pertanian, peternakan, dan perdagangan.
“Oleh karena itu, saya akan membuat BUMD Pertanian yang nantinya akan mengkontrol seluruh produksi, pengelolaan hingga penyaluran hasil produksi asli Kabupaten Bogor,” ucapnya.
Jaro Ade pun mengungkapkan, dengan aktifnya nanti BUMD Pertanian, juga akan ditopang dengan pembangunan pasar induk di Kabupaten Bogor.
“Saya yakin semua ini bisa membahagaikan rakyat,” imbuhnya yang langsung disambut gemuruh tepuk tangan para peserta.(cep)