Hallobogor.com, Bogor – Memperingati hari buruh (May Day) yang jatuh pada 1 Mei 2018, para serikat pekerja Kota Bogor bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor menggelar pelatihan berwirausaha di Hotel Purnama, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Kamis malam (3/5/2018).

Kepala Disnakertrans Kota Bogor, Samson Purba, mengatakan, dalam memperingati May Day di Kota Bogor, pihaknya melakukan suatu inovasi. Yaitu mengadakan kegiatan pelatihan wirausaha kepada para buruh Kota Bogor tanggal 3 sampai 4 Mei 2018.

“Pelatihan kali ini berbeda, tidak soal aturan ataupun regulasi, tapi materi kewirausahaan. Khusus tahun ini para buruh diberikan pelatihan keterampilan membuat sabun dan minyak wangi,” ungkapnya.

Samson melanjutkan, materi persiapan purna kerja ini diberikan kepada para serikat pekerja dari setiap perwakilan pabrik atau perusahaan di Kota Bogor. 

“Nah setelah selesai bekerja, biasanya para buruh bingung mau ke mana mereka, minimal pelatihan ini bisa memberikan mereka pilihan. Selain itu para pekerja memiliki persiapan saat memasuki masa pensiun,” jelasnya.

Setelah muncul adanya wirausaha baru bisa membuka kesempatan lowongan pekerjaan, dampaknya akan mengurangi jumlah pengangguran juga.

“Minimal dari 50 orang peserta di angkatan pertama, beberapa orang bisa membuka usaha saat pensiun nanti. Kalau dampaknya bagus, kami akan jadikan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin setiap Mayday,”  sebutnya.

Sementara itu Ketua Aliansi Serikat Buruh, Zulkifli mengatakan, peringatan May Day Kota Bogor tahun ini diisi dengan pelatihan kepada serikat pekerja agar mereka bisa menjadi wirausahawan. “Program ini sangat bagus dan positif, karena biasanya buruh kalau sudah pensiun jatuh miskin. Kami harapkan ini akan berlanjut setiap tahun. Tahun ini kan membuat sabun dan minyak wangi, mungkin tahun depan ternak lele atau apapun untuk berwirausaha. Kami pasti dukung terus, harapan saya untuk angkatan kedua atau berikutnya selalu orang baru,” terangnya.

Senada dengan Zulkifli, Ketua DPC SPN Kota Bogor, Budi Mudrika menyambut baik kegiatan pelatihan wirausaha ini. Tetapi di dalam kegiatan ini juga momen untuk menyatukan perwakilan-perwakilan buruh yang ada di Kota Bogor. 

“Kegiatan ini merupakan konsep dari May Day terbaru. Konsep untuk didaerah sepeti ini, bukan membedakan tapi memposisikan lebih bermanfaat dan lebih banyak positifnya,” pungkasnya. (dns)