Hallobogor.com, Cijeruk – Sesosok mayat wanita ditemukan warga dalam kondisi sudah membusuk di area hutan lindung kaki Gunung Salak, tepatnya di Blok Pangbubutan, Kampung Tapos, Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.
Berdasarkan identifikasi, mayat tersebut diketahui bernama Sapni (48), warga RT 05 RW 02 Kampung Lembur Sawah, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Selain telah membusuk dikerubuti belatung, bagian wajah korban telah menjadi tengkorak. Saat ditemukan, mayat dalam keadaan tertelungkup dan pakaian warna ungu masih menempel di tubuhnya.

Menurut Kepala Desa Sukaharja, Santoso, pihaknya mendapat laporan dari salah satu warga yang sedang mencari rumput bahwa dirinya menemukan sesosok mayat.

“Tanpa menunggu lama saya langsung hubungi pihak kepolisian, puskesmas dan kecamatan agar membantu evakuasi mayat. Selasa tanggal 22 Desember 2015 pukul 7.30 kami berangkat ke lokasi mayat ditemukan, karena jalan yang terjal dan berliku evakuasi agak terhambat,” ungkapnya.

Identitas korban terbongkar saat pihak keluarga korban datang dan membenarkan bahwa korban adalah anggota keluarganya.

“Kami harus cepat lakukan evakuasi, karena takut terhalang oleh hujan, alhamdulilah walau agak sulit mayat dapat dievakuasi,” tuturnya.

Santoso menambahkan, medan yang menanjak dan terjal membuat evakusi mayat berlangsung melelahkan karena bukan hanya sulit dan jalan yang menanjak namun jarak yang jauh menjadi tantangan sendiri bagi tim evakuasi. Jarak yang harus ditempuh 5 kilometer dari perkampungan penduduk.

Sementara salah satu anggota keluarga korban, Samsudin, mengatakan bahwa sosok mayat tersebut adalah ibunya yang mengalami sakit ingatan. “Sudah tiga minggu ini keluarga mencarinya ke mana-mana, dan saat ini ditemukan sudah menjadi mayat.

Untuk itu kami tidak akan melakukan autopsi atau visum rumah sakit,tidak akan menyalahkan siapapun, karena penyakit hilang ingatan ibu sudah lebih dari dua tahun. Waktu pergi dari rumah memang pakiannya berwarna ungu.

Saya yakin itu ibu saya, pakainnya sama seperti ketika ia pergi dari rumah dan kami akan langsung makamkan saja mas,” bebernya.(cep)