Hallobogor.com, Caringin – Manajemen PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) Plant Cimande, Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, membantah telah melakukan pencemaran yang berdampak terhadap lingkungan sekitar pabrik.

“Kami tegaskan, tidak ada pencemaran atau bau yang ditimbulkan dari limbah perusahaan, termasuk getaran dan segala bentuk gangguan seperti yang disebutkan salah seorang warga di salah satu media massa belum lama ini,” ujar Asep Hedi, Dept. Head IRGA TFJ Cimande.

Menurut Asep, jikapun ada keluhan atau persoalan yang muncul akibat aktivitas pabrik, pihaknya membuka diri untuk mengakomodir berbagai persoalan. 

“Pastinya kami akan menampung berbagai persoalan apapun yang mungkin dianggap mengganggu, meresahkan, bahkan merugikan warga sekalipun. Namun mengenai bau yang katanya muncul dari area pabrik, saya pikir itu tidak ada. Karena kami selalu berupaya merespons apapun keinginan atau keluhan warga,” terangnya.

Selain itu, lanjut Asep, pihak TFJ sejak beberapa tahun terakhir telah melakukan berbagai perhatiannya terhadap lingkungan sekitar melalui penerapan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di antaranya, program bedah rumah, pengobatan gratis, pembuatan sumur dan berbagai kegiatan sosial lainnya yang dilakukan secara berkala.

“Setiap tahun kita terapkan CSR melalui berbagai kegiatan sosial untuk warga. Dan itu sebagai bentuk perhatian riil kami kepada warga. Jika ada yang menyebutkan kami tidak responsif, silakan kroscek lagi,” tambah Asep.

Namun demikian, Asep memahami, jika pihaknya masih harus terus melakukan evaluasi secara internal terkait kebijakan ataupun persoalan lainnya yang berkaitan dengan warga sekitar.

“Intinya, kami selalu berupaya memberikan perhatian bagi warga dan melakukan berbagai evaluasi agar tercipta kondusifitas antara perusahaan dengan lingkungan sekitar,” tandasnya. (cep)