SAAT ini tak dapat dipungkiri perkembangan teknologi sudah sedemikian pesatnya. Teknologi memengaruhi semua lini kehidupan kita, tak terkecuali dunia komunikasi.

Perkembangan teknologi saat ini sudah memasuki era 4.0 atau internet of thing.

Intenet of thing adalah semua tindakan dan aktivitas kita menggunakan internet. Dari berbelanja, membeli makan hingga membersihkan rumah. Semua menggunakan teknologi internet. Maka tak jarang kita lihat semua orang sibuk dengan internet yang ada di tangannya masing-masing.



Perkembangan teknologi ini tentunya sangat membahagiakan bagi kita. Salah satu dampak yang muncul dari perkembangan teknologi adalah munculnya media sosial. Dahulu kita hanya mengenal media cetak dan media elektronik namun kini seiring perkembangan internet yang begitu pesat maka muncul yang namanya media sosial.

Media sosial berbeda dengan media pada umumnya. Media sosial berjalan lebih cepat dan jangkauannya jauh melebihi media-media sebelumnya.

Jika kita berbicara mengenai media sosial, tentu tidak terlepas dari perkembangan dunia komunikasi. Dahulu manusia berkomunikasi secara tatap muka namun kini dengan adanya perkembangan teknologi internet, maka secara otomatis manusia akan mengembangkan cara-cara berkomunikasi yang paling efektif. Hal itu dilakukan untuk memudahkan manusia dalam berkomunikasi serta mendapatkan informasi secara efektif.

Media sosial (social media) adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Misalnya saja facebook, instagram dan Youtube. Salah satu keuntungan yang dimiliki oleh ketiganya yakni membuat orang bisa menjadi begitu terkenal maka efeknya muncul yang namanya selebgram dan Youtuber.

Bagaimana dengan dunia komunikasi masa depan?

Sehubungan dengan perkembangan media sosial maka kita perlu melakukan kajian mendalam tentang fenomena ini, khususnya perubahan di dunia komunikasi masa depan. Artinya para pakar komunikasi harus memikirkan bagaimana lanjutan dunia komunikasi ke depannya. Oleh Karena itu, para pakar komunikasi harus bisa beradaftasi dengan perkembangan teknologi.

Maka dari itu media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, youtube dan lain harus kita manfaatkan untuk perkembangan dunia komunikasi, meskipun faktanya banyak penyalahgunaan penggunaan media sosial di masyarakat.

Jika dulu kita susah untuk menghubungi orang lain yang jauh dari kita, maka sekarang kita sangat mudah sekali mengontak rekan-rekan kita yang jauh. Dengan adanya teknologi juga, kita tidak perlu susah-susah menulis. Menulis cukup menggunakan alat canggih yang ada di genggaman kita yakni smartphone. Dengan smartpone juga kita bisa mendapatkan info-info terbaru dan update.

Media sosial perlu kita berdayakan, karena dengan adanya media sosial maka dunia komunikasi akan semakin bervariasi. Namun media sosial juga menyimpan banyak efek negatif jika kita tidak bisa mempergunakannya dengan baik.

Maka untuk memperbaiki dunia komunikasi masa depan, kita harus mempergunakan media sosial sebagai mana mestinya. Jangan sampai kita menyalahgunakan penggunaan media sosal.

[Oleh: Akhmad Saoqillah. Penulis adalah Pengamat Komunikasi Digital Institut Ummul Quro Bogor]