Hallobogor.com, Bogor – Apel Kehormatan Pahlawan dan Renungan Suci : Rangkaian kegiatan hari Kamis, 16 Agustus 2017 diakhiri dengan Apel kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, yang berlangsung tengah malam dan dipimpin Komandan Kodim 0606/Kota Bogor Letkol Arm. Dodi Suhardiman. Apel diikuti para anggota TNI/Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Bogor serta unsur pimpinan Muspida, termasuk Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman dan Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat.

“Kami yang hadir di sini menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan bangsa dan negara” – Letkol Arm. Dodi Suhardiman.

“Pengorbanan para pahlawan itulah yang akan menjadi teladan bagi kita dalam mengisi kemerdekaan saat ini dan masa yang akan datang, dan di momen 72 tahun kemerdekaan ini bisa menjadikan bangsa Indonesia lebih baik lagi ke depannya” – Usmar Hariman, Wakil Wali Kota Bogor.

Upacara Peringatan HUT RI Tingkat Setda Kota Bogor

Pagi hari Kamis,17 Agusus 2017 acara dimulai dengan gelaran Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72 Tahun 2017 Tingkat Sekretariat Daerah di Plaza Balaikota Bogor. Upacara dipimpin Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat.

Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72 Tahun 2017 Tingkat Sekretariat Daerah Kota Bogor tersebut, diikuti para pejabat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para pegawai di Lingkungan Setda Kota Bogor.

Dilanjutkan upacara penyerahan duplikat Sang Saka Merah Putih oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor kepada Pasukan Purna Paskibra Kota Bogor. Itulah bendera yang akan dikibarkan saat Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72 Tingkat Kota Bogor Tahun 2017 di Lapangan Sempur.
Duplikat Sang Saka Merah Putih langsung dibawa ke Lapangan Sempur dengan kawalan Polisi Militer dari TNI AU Lanud Atang Senjaya Bogor, dan 25 anggota Pramuka Kota Bogor serta diiringi marching band.

Penyerahan Remisi Bagi Warga Binaan

Sebanyak 438 warga binaan di Lapas Kelas II Paledang Kota Bogor mendapatkan Pengurangan Masa Pidana atau Remisi Umum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Remisi tersebut diberikan dalam rangka HUT RI Ke-72 yang diserahkan langsung Wali Kota Bogor Bima Arya, di Aula Lapas Kelas II Paledang. Remisi yang didapat para warga binaan beragam, mulai dari remisi satu bulan hingga enam bulan.

“Dari 438 Warga Binaan tersebut, 11 orang diantaranya langsung bebas,” – Gunawan Sutrisnadi / Kepala Lapas Paledang Kelas II A.

Beragam Lomba di Pesta Rakyat

Pada penghujung rangkaian kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72 Tingkat Kota Bogor, digelar Pesta Rakyat yang berlangsung di Lapangan Kampung Babakan, Kelurahan Ciluer, Kecamatan Bogor Utara.
Pesta diramaikan dengan berbagai lomba yang diikuti para pimpinan Pemerintah Kota Bogor dan jajaran Muspida Kota Bogor beserta seluruh warga masyarakat sekitar. Diantaranya tarik tambang, lomba bakiak, balap karung, lomba pukul bantal dan yang khas persembahan Kelurahan Ciluer, Ngubek Empang.

Beragam Lomba di Pesta Rakyat (1)

“Pesta Rakyat ini digelar agar perayaan HUT RI tidak hanya sekadar seremonial upacara saja. Tetapi juga dapat dirasakan kemeriahnya oleh rakyat sebagai wujud dalam membangun komitmen kebersamaan dengan warga di wilayah” – Ade Sarip Hidayat / Sekretaris Daerah Kota Bogor. (adv)