Hallobogor.com, Singapura – Bandara Changi di Singapore bisa dikatakan sebagai bandara yang terbukti luar biasa. Bagaimana tidak, segudang prestasi dikantongnya bertahun-tahun. Termasuk di tahun ini, dimana Changi mengantongi predikat “Bandar Udara Terbaik Dunia” untuk ketujuh kalinya.

Yang lebih menghebohkan, predikat nomor 1 yang diberikan oleh The Skytrax World Airport Awards (penghargaan bergengsi di industri bandar udara) di tahun ini adalah yang keempat kalinya berturut-turut sejak 2013 bagi Bandara Changi.

Penghargaan bergengsi dari Skytrax yang menahbiskan Changi sebagai Bandara Terbaik Nomor 1 Dunia tahun ini membuktikan bahwa bandara negara Singapore ini berhasil mengungguli 550 bandara yang tersebar di seluruh dunia.

Bukan tanpa alasan jelas, bandara nasional negeri singa ini diakui sebagai yang terbaik di dunia. Banyak alasan yang melatarbelakanginya. Anda pun bisa mencari tahu dan membuktikannya sendiri dengan terbang langsung ke bandara tersebut. Agar semakin sempurna, Anda bisa menumpang maskapai nasional Singapore Airlines, yang tiket termurahnya saat ini bisa ditemukan di Traveloka.

Namun, sebelum langsung merasakan sendiri keunggulan Bandara Changi, Anda bisa ikut membongkar alasan kenapa bandar udara tersebut selalu jadi yang teratas melalui ulasan singkat di sini.

Bandara Changi merupakan bandara internasional di pusat kota Singapore. Bandara ini melayani penerbangan hingga 200 destinasi cakupan dunia, yang dilakukan olah sekitar 80 maskapai internasional. Bandara ini juga merupakan markas maskapai Singapaore Airlines, banyak penerbangan jarak jauh Singapore Airlines yang melakukan transit disini.

Sebagai sebuah bandara, Changi memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Semua fasilitas tak hanya memanjakan penumpang selama menunggu penerbangan, melainkan juga menjadi sebuah destinasi wisata tersendiri.

Bandara ini dibekali 4 terminal. Setiap terminal memberikan fasilitas yang didesain dengan estetika tinggi yang bahkan tak terduga. Pada terminal 3 misalnya, terdapat Taman Kupu-kupu setinggi 2 lantai.

Menemaninya, tersedia pula 5 taman yang tersebar di seluruh terminal. Taman tersebut memastikan pengunjung tetap segar menyatu dengan alam sekalipun berada dalam ruangan.

Penumpang yang ingin beristirahat begitu dimanjakan oleh Bandara Changi. Bandara berusia 16 tahun ini menyediakan lounge khusus di seluruh terminalnya. Kawasan peristirahatan bahkan semakin lengkap dengan restoran, kafe, kedai kopi, bioskop 24 jam (gratis!), hingga spa kelas dunia.

Percaya atau tidak, Bandara Changi juga menyediakan kolam renang di rooftop (dalam Crown Plaza Hotel) untuk memanjakan pengunjungnya. Pecinta belanja turut dimanjakan dengan banyaknya tenant branded di dalam bandara.

Perhatian Changi terhadap tamu cilik juga menjadikannya mendapat nilai tinggi. Perhatian tersebut dibuktikan dengan banyaknya fasilitas ramah anak, terutama di Terminal 3. Di sana terdapat banyak toko mainan, tempat arcade, hingga taman bermain dengan wahana seru.

Fasilitas unik lain yang digandrungi pengunjung adalah Social Tree. Pohon digital ini berdiri setinggi 30 kaki di dalam bandara. Keberadaannya membuat para tamu bisa memosting foto dan video mereka.

Kehebatan Bandara Changi dalam menghadirkan fasilitas rekreasi tersebut turut membuatnya terpilih memenangkan predikat “Bandara Terbaik di Dunia untuk Fasilitas Rekreasi”. Penghargaan tersebut disampaikan dalam ajang yang sama di tahun ini.

Efisiensi adalah salah satu hal yang membuat traveller memilih Changi sebagai bandara favorit mereka. Sistem keamanan, lalu lintas bandara, hingga prosedur check in dikemas sedemikian rupa berkolaborasi dengan layout dan teknologi bandara. Kolaborasi tersebut memastikan seluruh aktivitas di bandara berjalan dalam waktu yang cepat, tanpa kendala yang berarti, apalagi hingga menyulitkan penumpang. Semuanya turut disempurnakan dengan kehadiran staf yang sangat responsif dan membantu. (tim)