Hallobogor.com, Cibungbulang – Prasasti Kebun Kopi I lokasi berikutnya sekitar ± 200 meter ke arah utara belakang Mesjid terdapat bangunan yang dinamakan Prasasti Kebun Kopi terdapat 5 buah batu. Tiga Batu tersebut berbentuk Menhir (Tiang Batu / Tugu Batu ) dan dua buah batu dakon / congklak.

Lima buah batu tersebut merupakan peninggalan tradisi megalitikum. Hasil penggalian tersebut menjadi bukti adanya tempat pemujaan bagi penduduk setempat yang berkembang jauh sebelum hadirnya pengaruh hindu. Menhir diperkirakan memiliki fungsi sebagai lambang kekuasaan atau ketokohan.

Satu menhir mewakili satu tokoh. Ketika penguasa atau tokoh itu sudah tidak ada maka tugu tersebut menjadi tempat pemujaan atas ketokohan mereka. Sedangkan Batu Dakon diperkirakan memiliki fungsi sebagai tempat saji atau sistem kalender / penanggalan yang dijumpai pada masyarakat baduy, Banten yang dikenal dengan nama Kolonjer.



Prasasti kebon Kopi I di temukan di kampung Muara (kini termasuk wilayah desa Ciareteun Ilir, Cibungbulang, pada abad 19, ketik dilakukan penebangan hutan untuk lahan perkebunan kopi. Itulah kenapa prasasti itu disebut Prasasti Kebun Kopi I. (kab)

(Salam Redaksi. Buat para sahabat yang punya tulisan kisah legenda atau cerita/dongeng dari orang tua/karuhun/kokolot mengenai peninggalan sejarah atau asal-usul nama tempat/kampung di Bogor, yuks berbagi cerita dengan kami. Kisah legenda dapat dikirimkan kepada, email: redaksi@hallobogor.com , SMS/WA: 082196677788)