Hallobogor.com, Bogor – Bank sampah Rangga Mekar bersama BPKel Ormas Oi Hing Puri Bimasakti kembali menggelar kegiatan bank sampah keliling di wilayah kelurahan empang. Kegiatan yang dilaksanakan pekan lalu itu bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk dapat memilah sampah.

Permasalahan sampah tak kunjung henti dan selalu menjadi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tingkat kesadaran masyarakat di negeri kita masih sangat kurang baik tentang sampah, bahkan terkesan cuek. Bank sampah rangga mekar keliling bersama Ormas Oi memiliki satu misi untuk mengurangi sampah, menyelesaikan permasalahan sampah langsung dari sumber.

“Edukasi mengenai sampah di wilayah Rw 8 Kelurahan Empang tentang wajibnya warga untuk memilah dan mengelompokan sampah sesuai dengan jenisnya an-organik (kertas, plastik ,botol/kaca, Logam dll) dan organik (sampah dapur, ranting pohon dan dedaunan dll),” ujar Ariyadi Juliansyah, Ketua Bank Sampah Rangga Mekar, sperti dikutip Halloapakabar.com.



Bank Sampah Keliling Rangga Mekar yang bekerjasama dengan Badan Pengurus Kelompok Ormas Oi Hing Puri Bimasakti, Badan pengurus Kelompok Ormas Oi Laskar, ketua Rw 8 kelurahan empang beserta LPM Kelurahan Empang, Bertujuan untuk mengedukasi warganya dan mengajak warga untuk menabungkan sampahnya (an-organik) ke bank sampah keliling. Selain mendapatkan ilmu tentang memilah sampah Warga yang menabungkan sampah juga mndapat keuntungan yaitu dapat meningkatkan nilai ekonomis sampah itu.

“Warga yang menabung sampah bisa menukar nilai tabungannya dengan uang, bahkan warga bisa menukarnya dengan Pulsa, token, sembako dll. Jadi kenapa harus pinjam uang ke Rentenir, bank keliling atau lainnya kalo dengan sampah saja kita bisa dapat uang dan bisa di tukar dengan sembako dll,” Pungkas Ariyadi Juliansyah. (dns)