Hallobogor.com, Jakarta – Kemajuan teknologi kini memungkinkan berbagai prosedur perawatan kulit non bedah menawarkan hasil lebih cepat, salah satunya mengencangkan kulit wajah dan leher dalam waktu kurang dari enam bulan.

Prosedur menggunakan Thermage FLX, misalnya, yang menggunakan teknologi monopolar capacitive radio frequency untuk mengantarkan energi hingga lapisan kulit terdalam yang kaya kandungan kolagen. Hasilnya diklaim membuat wajah terlihat lebih kencang, segar dan muda.

Ahli dermatologi asal Thailand, Prof Rungsima Wanitphadeedecha mengatakan, area seperti kantong mata, rahang dan lengan paling sering diminta untuk dikencangkan dengan Thermage ini.



“Yang mengejutkan adalah seluruh wajah (dikenai prosedur). Respon bagus juga untuk bagian leher, begitu juga dengan leher yang bergelambir atau chicken wings,” kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Dalam kesempatan itu, Ahli dermatologi dari Senopati Skin Center, dr Aryani Sudharmono, SpKK (K) mengungkapkan, tak ada suntikan dalam prosedur penggunaan alat ini dan tak ada bekas luka usai perawatan.

“Bisa mengkontur, tidak hanya mengencangkan wajah, yang tadinya chubby jadi lebih slim, lebih segar. Lalu karena ini era wajah tirus, pasien ini daerah rahang lebih slim, kencang,” kata dia.

Rungsima menyatakan rasa sakit yang ditimbulkan berada pada angka 3 atau 4 untuk skala 0-10.

“Ini menyakitkan, mungkin dari skala 0 sampai 10, bisa 3 atau 4, sehingga bisa ditoleransi. Jika pasien masih bisa menoleransi rasa sakit saya bisa meningkatkan energi, tetapi kalau dia merasa tidak kuat, saya akan mengurangi energinya,” tutur dia.

Bukan untuk remaja

Rungsima tak menyarankan remaja menggunakan Thermage FLX, karena kadar kolagen di tubuhnya masih normal. Mereka bisa menerapkan prosedur perawatan kulit yang lebih sederhana, semisal rutin membersihkan wajah hingga mengaplikasikan tabir surya.

Dia lebih mengutamakan pasien berusia di atas 20 tahunan yang merasa ada kekurangan pada wajahnya.

Sementara itu, Aryani mengatakan, pasien termuda di kliniknya berusia 25 tahun dengan keluhan kulit wajah mengendur.

Para pria juga bisa memanfaatkan alat ini. Rungsima mengatakan, 15-20 persen pasiennya laki-laki namun kebanyakan datang bersama istri mereka.

“Biasanya mereka melihat istrinya awet muda dan mereka ingin mendapatkannya juga. Tapi semua pasien laki-laki itu inginnya tidak sakit dan ini lucu karena biasanya si istri akan memegang tangan mereka dan menenangkan para suami dan bilang mereka terlihat lebih muda dan lebih tampan,” kata Rungsima.

Mereka yang berusia 40 tahunan bisa mengulang penggunaan Thermage FLX setiap 2-3 tahun sekali. Sementara bagi yang berusia di atas 60 tahun bisa mengunakannya setiap enam bulan sekali demi kulit wajah yang kencang.

Harga yang ditawarkan untuk satu kali prosedur menggunakan alat ini berada pada kisaran Rp36 juta-56 juta. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (lws)