Hallobogor.com, Cibinong – Bulan eliminasi kaki gajah (Belkaga) resmi dicanangkan Pemerintah RI oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Moeloek, di Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Kamis (1/10). Kemenkes yang datang pukul 14.20 disambut oleh Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti.

Dalam sambutannya, Menkes mengajak kepada segenap jajaran Pemerintah Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia untuk mencegah dan mengobati penyakit kaki gajah yang diderita oleh masyarakat. Penyakit kaji gajah disebabkan oleh sejenis cacing filariasis.

Pada bulan eliminasi ini, Menkes juga memerintahkan kepada setiap Dinas Kesehatan unþuk memberikan obat penyakit kaki gajah kepada masyarakat yang ada di setiap desa, melalui masing-masing puskesmas selama lima tahun.

“Mari kita obati penderita penyakit kaki gajah. Yakni, melalui BPJS, para penderita bisa mendapatkan keringanan terhadap pengobatan tersebut.

Begitu juga untuk pencegahannya, kami menugaskan kepada Dnas Kesehatan di setiap kota dan kabupaten di Indonesia, pada bulan Oktober ini melakukan pemberian obat kepada masyarakat. Dan pengobatan ini akan dilakukan selama lima tahun,” ujar Nila F Moeloek.

Dalam kesempatan itu, Nila F Moeloek juga melakukan dialog langsung melalui stasiun televisi kepada beberapa bupati yang ada di luar pulau Jawa.

Sebab, pencanangan Belkaga dilakukan juga di beberapa kabupaten di Indonesia. Seperti di Kabupaten Rohan Ilir, Banyu Asin, Kantingan, dan Rojo Kuna Kuna.(dang)