Hallobogor.com, Bogor Selatan – Sejumlah warga Bogor bersyukur pada Sabtu (1/8) hujan deras mengguyur Bogor. Pada hari Minggu iji pun cuacanya sejuk dan agak mendung, mudah-mudahan hujan mengguyur Bogor lagi.

“Cuacanya sejuk dan careudeum. Kami harapkan hujan mengguyur Bogor lagi,” kata Koordinator Bogor Care Budi Purnomo kepada Hallobogor.com di Bogor, Minggu (2/8).

Hari sebelumnya, di Kota Bogor, Jawa Barat, kembali diguyur hujan lebat disertai petir mulai dari pukul 16.42 WIB.



“Ya syukur Alhamdulillah hujan sudah mulai turun terus di Kota Bogor, sudah lama juga tidak ada hujan jadi panas,” kata Wati (54), warga Menteng, Kota Bogor, Sabtu (1/8/2015) seperti dikutip Okezone.com

Hujan turun diselingi petir yang cukup kuat. Kondisi tersebut sudah terjadi selama dua hari terakhir. Sebab, pada Jumat 31 Juli 2015 malam, wilayah Kota Bogor juga dilanda hujan lebat disertai petir dan angin selama hampir dua jam.

Bahkan, hujan yang cukup lebat disertai angin dan petir pada Jumat malam menyebabkan volume air di Bendung Katulampa meningkat dari sebelumnya di bawah normal.

Selain menaikkan debit air Sungai Ciliwung, hujan juga menyebabkan puluhan rumah rusak diterjang angin kencang di wilayah Kota Bogor.

Sementara itu, turunnya hujan sudah sangat dinantikan oleh warga Kota Bogor setelah selama hampir dua bulan tidak hujan yang menyebabkan sejumlah tanaman mati dan beberapa wilayah kekeringan.

Ratusan warga bersama Pemerintah Kota Bogor pun melaksanakan Shalat Istisqa, berdoa agar hujan kembali turun di wilayah tersebut.

Hujan yang turun mulai kemarin telah membawa kembali suasana Kota Bogor sebagai kota hujan. Warga menyambut penuh syukur atas turunnya hujan.

Hingga berita ini diturunkan, hujan yang awalnya deras kini berangsur ringan, namun mendung masih menyelimuti dan gemuruh sesekali terdengar.

Stasiun Klimatologi BMKG Dramaga, Bogor, telah memperkirakan wilayah Bogor akan dilanda hujan selama beberapa hari ke depan. (oke)