Hallobogor.com, Bogor – Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya menerima gugatan pasangan calon (paslon) Bupati Bogor dan Wakil Bupati Bogor nomor urut 3 Ade Ruhandi Jaro Ade – Ingrid Kansil pada Senin 23 Juli 2018.

Hal ini berdasarkan akta registrasi perkara konstitusi nomor: 28/3/PAN.MK/2018, bahwa perkara tersebut telah dicatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2018 dengan registrasi perkara Nomor 28/PHP.BUP-XVI/2018

Surat elektronik MK yang diteken Panitera Kasianur Sidauruk ini, juga menyebutkan bahwa perkara tersebut segera akan ditetapkan hari sidangnya dan kepada pemohon, termohon, dan pihak terkait segera akan diberitahukan mengenai ketetapan tersebut. Sedangkan pihak termohon dalam perkara tersebit adalah KPU Kabupaten Bogor.



Herdiyan Nuryadin salah satu tim kuasa hukum AWK Law Firm, membenarkan bahwa setelah ditelaah hakim MK telah memutuskan melalui surat akta registrasi perkara konstitusi nomor 28/3/PAN.MK/2018 bahwa gugatan pemohon pasangan JADI kepada Komisi KPU Kabupaten Bogor sebagai termohon telah memenuhi syarat.

“Dengan terpenuhinya syarat maka gugatan permohonan perselisihan hasil Pemilihan Bupati – Wakil Bupati Bogor kepada temohon KPU Kabupaten Bogor sebagai termohon akan dilanjutkan,” kata Herdiyan Nuryadin kepada wartawan, Senin (23/7/2018).

Dia menerangkan sidang pemeriksaan pendahuluan di MK akan dimulai pada Kamis (26/7/2018) dan hasil keputusannya palin lambat Jumat (14/9/2018) mendatang.

“Sesuai Pasal 50 Aya (1) PMK 5/2017, penyelesaian PHP Pilkada harus diputus dalam tenggang waktu paling lama 45 hari kerja sejak diregistrasi atau Jumat (14/9) mendatang,” terangnya.

Terpisah, Jaro Ade bersama Inggrid Kansil telah menyerahkan sepenuhnya permasalahan ini pada kuasa hukum, dan demi menjaga amanah yang telah diberikan oleh masyarakat maka perjuangan akan terus dilakukan melalui prosedur yang berlaku.

“Mari kita berdoa agar kuasa hukum berjuang di MK diberikan kemudahan dan kelancaran. Saya juga meminta agar masyarakat maupun tim pendukung untuk tetap menjaga kondusifitas di Kabupaten Bogor dan bersabar sambil berdoa yang terbaik agar perjuangan demi membahagaikan rakyat ini cepat terwujud,” singkat Jaro Ade. (cep)