Hallobogor.com, Caringin – Masyarakat Kabupaten Bogor yang hendak membayar pajak tak usah repot-repot lagi antre di kantor pajak, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), atau di bank yang ditunjuk. Dispenda Kabupaten Bogor kini makin mendekatkan pelayanan kepada Wajib Pajak (WP) melalui mobil pelayanan pajak daerah di setiap kantor kecamatan.

Kepala UPT Pajak Daerah 5 (Caringin-Cigombong), Sugiharto, mengatakan, mobil pelayanan pajak daerah buka mulai pukul 09.00 wib sampai pukul 14.00 wib. “Karena kami harus ngejar setor ke bank yang tutup sekitar pukul 15.00 wib. Uang pajak langsung kami setorkan,” katanya yang ditemui di sela pelayanan di kantor Kecamatan Caringin, Senin (3/8).

Hingga pukul 14 kemarin, pihaknya belum bisa merekap jumlah uang pajak yang masuk melalui teller mobil pajak daerah di Kecamatan Caringin. Tetapi masyarakat WP nampak antusias. “Kami belum merekap berapa jumlah yang masuk, tetapi sebagai contoh di Kecamatan Gunung Putri beberapa waktu lalu mampu menyerap Rp300 juta dalam satu hari,” ujarnya.



Sugiharto menegaskan, mobil layanan pajak daerah ini berfungsi untuk mendekatkan pelayanan atau jemput bola guna menggenjot penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) maupun jenis pajak lainnya. “Kalau misalnya mobil pelayanan pajak daerah sedang ada di Caringin, warga WP dari kecamatan lain bisa dilayani. Di Caringin sendiri jadwal kami tanggal 3 dan 4 Agustus dan di Cigombong tanggal 10 dan 11 Agustus,” kata dia.

Lebih lanjut dikatakannya, wilayah UPT Pajak Daerah 5 Caringin-Cigombong tahun ini menargetkan penerimaan PBB Rp14 miliar dan pajak daerah Rp50 miliar.
“Selama ini yang jadi kendala adalah kepatuhan WP yang masih harus terus ditingkatkan, masih adanya SPPT dobel, subjek pajak atau alamat yang berbeda.
Sekarang terus diperbaiki,” sebutnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar memanfaatkan layanan mobil pajak di setiap kecamatan atau kalau ada persoalan tentang pajak bisa menghubungi pihak UPT.

Sementara itu, banyak warga yang meminta mobil pelayanan pajak diperbanyak lagi dari saat ini hanya empat unit se-Kabupaten Bogor. “Harusnya mobil layanan pajak di kecamatan diperbanyak lagi, sebab manfaatnya cukup baik, mudah, cepat, dan bisa mengirit ongkos,” ungkap Ulis dan Endang staf Pemdes Ciderum.(cep)