Hallobogor.com, Bogor – Mondelez International sebagai salah satu perusahaan produsen makanan biskuit dengan brand Oreo sukses membangun sebuah taman yang dinamai “Taman Kita Oreo”. Taman yang berlokasi di area Taman Heulang, Tanah Sareal, Kota Bogor ini selaras dengan salah satu visi Pemerintah Kota Bogor dalam mewujudkan “kota sejuta taman”.

Taman Kita Oreo secara resmi diserahterimakan dari Mondelez International kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, Minggu (30/9/2018). Peresmian sekaligus pembukaan Taman Kita Oreo untuk umum ini juga disaksikan Rick Lawrence selaku Biscuit Marketing Director Mondelez South East Asia.

Brand Manager Treats Mondelez Indonesia, Rachel Angelina, mengatakan, Taman Kita OREO memiliki sarana antara lain area permainan Twist (Putar), Lick (Jilat), Dunk (Celup) yang dapat dimanfaatkan untuk segala usia. Selain itu, terdapat pula berbagai fasilitas penunjang lain seperti area bersantai dan interactive jogging track yang mendorong masyarakat untuk berinteraksi Iangsung sambil berolahraga.

“Kami berupaya menyediakan fasilitas interaksi sosial secara nyata. Ini berangkat dari meningkatnya kebutuhan akan ruang terbuka hijau seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin dipengaruhi oleh pengunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Sarana aktivitas bersama (join activity) ini agar masyarakat dapat berinteraksi secara nyata dan langsung. Taman Kita Oreo ini adalah milik bersama, jadi diharapkan semua pengunjung bisa memanfaatkannya secara maksimal dan merawatnya bersama,” ungkapnya.

Pembangunan Taman Kita Oreo adalah bagian dari revitalisasi 12 taman kota di Indonesia untuk menjawab kebutuhan akan ruang terbuka hijau dan menciptakan kebersamaan antara masyarakat.

Maggie Effendy selaku Head of Biscuit Mondelez Indonesia, mengatakan Oreo menyadari tingginya penggunaan teknologi dapat membuat komunikasi antar masyarakat menjadi ‘semu’ atau sebatas di dunia maya. Fasilitas yang mendorong sosialasi nyata dibutuhkan untuk menjaga keakraban masyarakat.

“Sebagai brand yang dekat dengan keluarga Indonesia, kami sangat bangga dapat menghadirkan Taman Kita Oreo dengan fasilitas yang dapat memaksimalkan interaksi seru antar sesama pengguna. Kata ‘kita’ dalam nama Taman Kita OREO, mengacu pada seluruh permainan yang dirancang untuk dimainkan lebih dari satu orang sehingga dapat mendorong terciptanya kebersamaan. Selain itu ‘kita’ juga merujuk pada kepemilikan dari taman kita Oreo, yaitu seluruh masyarakat yang diharapkan ikut menjaga taman ini,” ujar Maggie.

DR. Junernan Abraham, S.Psi., seorang ahli psikologi sosial, yang ikut hadir dalam peresmian Taman Kita Oreo, menambahkan bahwa beraktivitas di taman terbuka hijau sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan mental. Ciri-ciri taman yang baik adalah yang memiliki rancangan lingkungan untuk berinteraksi dengan orang lain dari latar belakang sosial-ekonomi yang beragam, menumbuhkan rasa kebersamaan antarwarga dan pengguna, serta menunjang berbagai kegiatan dilingkungan sekitar.

“Di saat virtualitas merajalela dalam kehidupan dewasa ini, kehadiran taman terbuka hijau tetap menawarkan kedalaman berinteraksi yang sudah semakin langka akibat komunikasi yang dangkal dan sarat akan pencitraan, terutama di dunia maya,” terang Juneman. (cep/dns)