Hallobogor.com, Cisarua – Memasuki awal tahun 2016, seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) akan segera memulai Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa. Hasilnya akan dibawa ke Musrenbang tingkat kecamatan dan tingkat Kabupaten Bogor.

Pemerintah Kecamatan Cisarua menyatakan siap mengawal setiap Pemdes yang akan melakukan Musrenbang. “Materi untuk Musrenbang Desa harus segera disiapkan oleh setiap Pemdes, karena sebentar lagi Pemerintah Kecamatan akan berkeliling menghadiri Musrenbang tingkat desa terlebih dahulu sebelum maju ke tingkat kecamatan,” ujar Staf Kasi Pemerintahan Kecamatan Cisarua, Ridwan alias Cebu.

Cebu mengemukakan, hasil pembangunan yang telah dikerjakan oleh setiap Pemdes selama tahun 2015 di Kecamatan Cisarua berjalan tanpa hambatan. “Swadaya dari masyarakat cukup tinggi dan kerja sama antara warga dengan Pemdesnya juga baik,” ujarnya.



Menurut Ridwan, Musrenbang tingkat desa merupakan suatu kesempatan baik bagi masyarakat untuk menyampaikan usulan dan rencana pembangunan yang dibutuhkan. “Melalui Musrenbang di tingkat desa itu warga bisa memberikan masukan dan rencana pembangunan yang dibutuhkan di lingkungannya. Untuk itu, melalui saran dan usulan dari warganya, Pemdes akan melakukan pencatatan dan bahan yang akan dilaporkan ke tingkat kecamatan.(Dang)