Hallobogor.com, Bogor – Partai Nasional Demokrat (NasDem) terus menggeber persiapan dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 dan Pileg serta Pilpres 2019. Salah satu yang digeber NasDem Kota Bogor dengan melaksanakan Training of Trainers (TOT) bagi 200 saksi se-Kota Bogor.

Anggota DPRD Kota Bogor dari Partai NasDem, Alex Solihin, mengatakan, pembentukan saksi adalah salah satu cara untuk membesarkan partai. “NasDem mungkin selangkah lebih cepat dibandingkan dengan partai-partai yang lain, dengan membentuk saksi lebih awal. Kami belajar dari Pileg 2014, saksi yang dibentuk ini sesuai dengan jumlah TPS dengan target satu TPS dua saksi. Selain mereka menjadi saksi, kewajiban mereka adalah membesarkan partai dengan mensosialisasikan misi dan visi partai,” katanya.

Alex mengharapkan, para saksi yang dibentuk itu juga untuk membantu perolehan suara di setiap TPS dalam rangka mencapai target 5 kursi di DPRD Kota Bogor. “Sampai sekarang sudah ada 34 orang yang akan bergabung dengan partai NasDem Kota Bogor untuk menjadi calon anggota dewan. Insya Allah pada saatnya nanti 50 calon akan maju dan saya sangat optimistis terpenuhi,” ujarnya.

Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai NasDem Kota Bogor, Adhie Edwin, menambahkan, sebagai bagian dari langkah-langkah pemenangan partai maka perlu penguatan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab saksi pada saat proses demokrasi dilakukan.

“Jadi memang pola pemikiran dan geliat NasDem ini harus mulai dari saksi karena melihat pada tahun 2014 semua berguguran. Dari pengalaman ini, kami mendapatkan instruksi dari DPP bahwa seluruh Indonesia harus melakukan gerakan ToT,” katanya.

Menurutnya, untuk Kota Bogor memasuki tahap kedua dengan pencapaian sekitar 200 orang saksi. “Jika sudah mendapatkan 200 saksi berarti ksmi sudah sedikit melampaui batas,” imbuhnya. (dns)