Hallobogor.com, Kabupaten – Sejumlah Pengurus dan juga kader Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor,berkumpul di halaman markas PMI Kabupaten Bogor,untuk mengikuti upacara HUT PMi yang ke 70 tahun,yang di pimpin langsung ketua PMI Kabupaten Bogor,Hj.Nurhayanti,pada Kamis, (17/9).

Saat membacakan sambutan ketua umum pusat PMI,M.Jusuf Kalla, Ketua PMI Kabupaten Bogor,Hj.Nurhayanti yang merupakan Bupati Bogor mengatakan tujuh puluh tahun sudah Palang Merah Indonesia (PMI) mengabdikan dirinya kepada masyarakat di tanah air,angka 70 tahun merupakan usia yang matang bagi PMI dalam menghadapi berbagai peristiwa mulai dari bencana,konflik sampai masalah sosial di Indonesia.

“Berbagai kegiatan kemanusian dilakukan PMI untuk meringankan penderitaan masyarakat baik dalam merespon bencana maupun upaya pengurangan resiko bencana, serta pemberdayaan masyarakat, seperti upaya meningkatkan penyedian stok darah, mendorong kegiatan terpadu dengan melibatkan masyrakat mengurangi resiko bencana, melakukan gerakan kebersihan lingkungan”ungkapnya.

Ia juga menambahkan sebagai organisasi kemanusian yang ada di bumi nusantara, PMI lahir selisih satu bulan setelah Kemerdekaan Republik Indonesia,maka semangat kemerdekaan senantiasa mewarnai semangat pelayanan kemanusiaan PMI kepada masyarakat.

“PMI akan terus meningkatkan sumberdaya bagi dari segi manusia dengan pengembangan kapasitas personil melalui pendidikan dan pusat pelatihan guna meningkatkan motivasi kerja personil,maupun dari segi organisasi,pengaturan sarana dan prasarana,perbaikan mekanisme kerja dan meningkatkan kualitas dan profesionalitas pelayanan.” ujarnya

Nurhayanti juga menjelaskan bahwa keberadaan PMI mulai dapat dirasakan dan dicintai oleh seluruh lapisan masyarakat. Kiprah PMI di mata internasional dan mitra gerakan palang merah dan bulan sabit internasional mulai di akui. “Saat ini PMI banyak dilibatkan dalam pertemuan internasional untuk membahas isu kemanusian global, bahkan saat terjadi situasi kedaruratan di luar negeri,PMI kerap diminta bantuan untuk ikut membantu menurunkan personil dan memberikan bantuan bagi korban bencana,” katanya. (kab)