Hallobogor.com, Bogor – Obor api abadi Pekan Olahraga Nasional XIX/Jawa Barat bersemayam di Teras Plaza Balaikota Bogor, Selasa (13/09/2016), setelah menempuh perjalanan Kirab Api PON dari Cibinong, Kabupaten Bogor.

Rombongan kirab api PON tiba di Kota Bogor sekitar pukul 14.45 WIB dengan lokasi penerimaan di halaman Museum Peta Bogor Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah.

Kirab Api PON selanjutkan diserahkan dan di bawa kirab oleh 2 orang atlet legendaris dari cabang atletik Utar Sutarsih dan M.Ridwan beserta 10 orang pelari pendamping dari Yonif 315 sejauh 2.5 Km dengan rute Jalan Sudirman- Jalan Jalak Harupat-Jalan Pajajaran, Jalan Otista- Jalan Ir.H.Juanda dan finish di Balaikota Bogor.



Setelah tiba ditempat, pembawa obor di terima langsung oleh Walikota Bogor Bima Arya beserta unsur Muspida Kota Bogor. Pembawa kirab api PON juga disambut dengan suguhan atraksi dari para atlet wushu dan dansa dibawah naungan KONI Kota Bogor beserta tampilan kesenian-kesenian di bawah naungan Disbudparkref. Selain penyerahan api PON, Bima Arya juga memberikan piagam dan uang kadedeuh kepada atlet, pelatih dan pembina olahraga terbaik di Kota Bogor.

Dalam sambutannya Walikota Bogor Bima Arya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada atlet-atlet legendaris Kota Bogor yang telah membawa dan mengawal obor Api PON hingga tiba di Kota Bogor.

“Kota Bogor siap dan berkomitmen untuk mensukseskan PON XIX di tanah legenda Bandung, Jawa Barat. Saya berharap kepada atlet-atlet Kota Bogor bisa meraih prestasi dan mencapai target di ajang nasional ini”, kata Bima.

Sementara itu, salah satu atlet legendaris pembawa obor api PON XIX M.Ridwan mengaku ini pertama kalinya ia membawa obor api PON.

“Saya berpesan kepada para atlet khususnya atlet lari untuk memiliki tekad yang kuat, jangan loyo dan sebelum finish jangan pernah menyerah. Selamat bertanding dan semoga menjadi juara”, ungkapnya.

Untuk agenda pelepasan kirab api PON, akan dilaksanakan pada Rabu (14/9/2016) pukul 08.00 Wib di Plaza Balaikota yang akan diawali dengan upacara pelepasan kirab kemudian dilanjutkan kirab api PON dengan rombongan pelari 1 walikota Bogor, 1 pelari legendaris dan 10 orang pelari pendamping dari Yonif 315 dengan menempuh rute Plaza Balaikota Jalan Ir.H.Juanda – Jalan Jalak Harupat – Jalan Raya Pajajaran dan finish di halaman Botani Square dan selanjutnya diserahkan ke pada PB PON untuk dibawa ke Kabupaten Sukabumi.(ndy)