Hallobogor.com, Bogor – Sebuah Pabrik Kerupuk berlokasi di Kampung Pancasan RT03/07 Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, terbakar dilalap si jago merah, Sabtu (g20/02/2016). Peristiwa itu terjadi sekira pukul 09.00 WIB.

Pemilik pabrik, Udin (56) menuturkan, dirinya tidak mengetahui persis kejadian serta penyebab kebakaran lantaran saat itu tengah berkunjung ke rumah teman di Cikaret, Bogor Selatan. Saat tiba lokasi pabrik dan rumah sudah terbakar hebat.

“Saya tahu kebakaran setelah ditelpon isteri. Pas sampai disini api sudah membumbung tinggi,” ujarnya di lokasi kejadian, seperti dikutip Halloapakabar.com.



Menurutnya, saat kejadian hanya ada seorang karyawan, Eko, libur kerja baru datang dari kampung dan keluarganya. Beruntung, kata dia, dalam kejadian tak ada korban jiwa.

Peristiwa kebakaran hebat itu menghanguskan sejumlah rumah bangunan milik warga, antara lain pabrik dan rumah milik Udin serta empat pintu kontrakan milik warga setempat.

Empat unit dan puluhan pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota dibantu kabupaten Bogor diterjunkan ke lokasi kejadian. Api baru bisa padam setelah 30 menit kemudian.

“Korban masih dalam kondisi sok. Penanganan sementara korban dievakuasi ke rumah tetangga,” kata Lurah Pasir Jaya, Gurda.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kota Bogor, Gandjar Gunawan melaporkan, penyebab terjadinya kebakaran rumah bersumber dari korsleting litrik dari home indstri kerupuk yang sudah tidak terpakai, lalu api menyambar dua rumah dan 1 kontrakan milik warga.

Menurut Ganjar, dari kejadian ini korban kebakaran mengalami kerugian yang ditaksir hingga 100 juta rupiah.

Berdasarkan catatan data BPBD Kota Bogor, para penghuni korban kebakaran, yakni rumah korban Udin pemilik pabrik kerupuk yang dihuni 1 Kk 4 jiwa, pemilik rumah Gofur 1 kk 4 jiwa, Asep 1 Kk 4 jiwa, dan rumah Ricky 1 kk, 4 jiwa.

“Situasi sudah teratasi, dan unit Damkar yang diturunkan sebanyak 3 unit dari Kota Bogor dan 1 unit dari pos Ciawi Kabupaten. Saat ini personel damkar sudah kembali ke pos nya masing- maaing. Untuk tahap selanjutnya akan dikomunikasikan dengan jajaran aparat wilayah setempat,” katanya. (hrs)