Hallobogor.com, Bogor – Memeringati HUT ke-73, TNI di Bogor memamerkan alat utama sistem pertahanan (alutsista) kepada masyarakat umum. Selain digelar di Lapangan Udara (Lanud) Atang Senjaya (ATS) Bogor, pameran serupa digelar di di Lippo Plaza Ekalokasari Kota Bogor.

Pameran alutsista ini ternyata banyak menyedot perhatian masyarakat. Setiap pengunjung yang datang ke Mall Lippo selalu menyempatkan diri untuk menengok beraneka peralatan TNI dari berbagai kesatuan. Bahkan tak sedikit pengunjung yang memanfaatkan kesempatan untuk berselfie ria sambil mengenakan seragam TNI dan memegang senjata.

Komandan Lanud ATS Marsma TNI Erwin Buana Utama, mengatakan, pameran ini merupakan wujud kesiapan TNI dalam mengemban tugas pokok menjaga keamanan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana informasi kepada masyarakat tentang berbagai alutsista yang dimiliki TNI, Pameran alutsista kali ini kami laksanakan secara sederhana sekaligus sebagai bentuk rasa keprihatinan kami terhadap saudara-saudara yang mengalami musibah gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala dan wilayah lainnya di sekitar Sulawesi Tengah dan Lombok,” tuturnya.

Sementara Komandan Korem 061/ Suryakencana, Kolonel Inf. M Hasan menambahkan, pameran alutsista TNI merupakan bagian implementasi dari motto HUT ke-73 TNI tahun ini yakni profesionalisme TNI untuk Rakyat. Dengan segala bentuk kemampuan, keterampilan, pengetahuan dan alutsista yang dimiliki TNI semata mata digunakan untuk kepentingan rakyat Indonesia.

“Masyarakat harus tahu dan mengerti bahwa TNI selalu siap sedia untuk membela kepentingan rakyat dan NKRI dengan segala alutsista yang dimiliki,” Kol. Inf. Hasan.

Sedangkan Henky Hinatoro Director Lippo Plaza Ekalokasari Bogor, sebagai pihak mall, pameran alutsista merupakan bagian dari apresiasi merayakan HUT TNI. Selain itu menjadi cara mall mengedukasi masyarakat terkait berbagai peralatan dan perlengkapan. “Ini sebagai apresiasi kami ikut merayakan HUT TNI, Dia berharap melalui pameran tersebut, tingkat kunjungan mall makin naik,” ujarnya.

Dalam pameran alutsista kali ini melibatkan TNI dari berbagai satuan di antaranya, Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP), Yongkap 1 Kostrad, Yon Armed 10 Kostrad, Sat Bravo 90 Paskhas, Batalyon 14 Grup 1 Kopassus, Batalyon 315/Garuda, Pusdikzi, serta Skuadron yang ada Lanud ATS. (dns)