Hallobogor.com, Bogor – Pelukis R. Yan Mulyana (56) merupakan pelukis asal Bogor yang akrab dengan karya yang bertautan dengan masalah sosial, budaya dan lingkungan. Ia akan menggelar pameran tunggal yang rencananya akan digelar di Lippo Plaza Kebun Raya Bogor pada Januari 2018.

Pameran karya R. Yan Mulyana yang akrab disapa Adum ini, adalah kali kedua setelah beberapa tahun yang lalu ia melakukan hal serupa. Di awal tahun 2018, Adum akan menyajikan sekurangnya 40 karya lukisan sebagai tanda perjalanannya yang sudah 40 tahun menggeluti dan menghidupkan dunia seni rupa di Kota Bogor.

Ketua panitia pelaksana pameran, Rizal, mengatakan, persiapan pameran sudah 85 persen, dari pendataan karya, pembuatan karya, lalu promo di beberapa media, dan brosur. “Sekarang sudah fix kaitan dengan katalog juga sudah kami lakukan. Lukisan bergaya naturalis itu akan dipajang selama sebulan penuh sejak 6 hingga 30Januari 2018 di Lippo Keboen Raya Bogor.

Pameran bertujuan menjaga gairah seni rupa dan kesenian lainnya di Kota Bogor,” jelasnya.

Sementara itu Yana W Sucipto, perupa senior di Kota Bogor bahkan di luar Kota Bogor menegaskan, pelukis Yan Mulyana adalah seniman yang konsisten dalam berproses membangun keseniannya.

“Saya kenal betul siapa R. Yan Mulyana atau Adum ini. Jadi ini merupakan suatu terobosan yang bagus untuk memotivasi para pelukis lain agar bisa melakukan atau menggelar pameran tunggal,” ucapnya.

Rifki Setiadi, kurator pameran seni rupa menambahkan, perjalanan Yan Mulyana yang dilakukan dalam pameran ini ditujukan untuk menguji proses identitas kekaryaannya dalam berbagai gaya. Ia berusaha masuk ke dalam banyak gaya lukis dan mencoba menembus batas lukis naturalis. (dns)