Hallobogor.com, Bogor – Matahari belum beranjak tinggi. Pagi itu, ratusan orang dari berbagai unsur mulai Muspika Bogor Timur, prajurit TNI, Bogor+Sahabats, Paguyuban Pedagang Tanaman Hias dan Yayasan Bumi Katulampa Bogor, akan memanen budidaya serai wangi di kebun percontohan di kawasan Jalan Regional Ring Road (R3).

Seperti dikutip Halloapakabar.com, Walikota Bogor Bima Arya dengan didampingi Dandim 0606/Kota Bogor Letkol Inf Mukhamad Albar memimpin apel pelaksanaan sekaligus memberikan pengarahan panen raya serai wangi. Usai itu, sembari membawa sabit mereka pun langsung menuju area kebun percontohan untuk memotong setiap batang tanaman yang memiliki nama botani cymbopogon citratus itu.

Budidaya serai wangi ini merupakan salah satu program penghijuan yang digagas oleh Kodim 0606/Kota Bogor pada tahun 2015. Kali pertama panen raya dilakukan pada Januari 2016 lalu. Sedangkan kali ini memasuki masa panen raya kedua.



Bima Arya mengungkapkan, Pemkot Bogor akan menjadikan kasawan Jalan R3 menjadi icon baru di Kota Bogor sebagai kawasan sentra tanaman hias dan budaya Sunda.

“Tahap awal sudah ditempatkan beberapa pedagang tanaman hias disini. Kedepan akan merelokasi pedagang tanaman hias lain seperti yang ada di Jalan Pajajaran, Dadali, Bina Marga dan Otista,” kata Bima.

Sedangkan untuk pembenahan infrastruktur Jalan R3, lanjut Bima, direncanakan pembangunan penambahan pendestrian, penerangan jalan umum (PJU) dan pemasangan rambu penunjuk jalan. Termasuk melanjutkan pembangunan Jalan R3 hingga rampung tembus ke Jalan Raya Tajur.

“Untuk legalitas para pedagang tanaman hias disini, kami juga akan segera berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM, DKP serta BPKAD,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan Bogor+Sahabats Guntur Santoso menjelaskan, budidaya serai wangi tidak terlalu rumit. Pada kebun percontohan ini memamfaatkan lahan-lahan marginal sepanjang 2 kilometer Jalan R3.

“Walau bukan dalam skala besar panen raya perdana itu mencapai 2 ton. Dan panen kedua ini diperkirakan mencapai 2 ton juga. Memang biasanya tanaman serai wangi semakin tua kurang produktif tetapi dari segi kualitas tanaman jenis minyak atsiri ini semakin bagus,” terang Guntur.

Ia juga mengatakan, kebun percontohan dengan budidaya serai wangi merupakan hasil kerjasama para pihak. Kodim 0606/Kota Bogor sebagai penggagas program dan bibit dan pupuk dari PT. Agricon. “Sedangkan kami sendiri membantu dari sisi perawatan tanaman serai wangi,” tandasnya. (hrs).