Hallobogor.com, Caringin – Buntut dari kecelakaan beruntun yang menewaskan tiga orang sekeluarga Senin (10/7/2017) lalu, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor dibantu Dishub menggelar razia di Jalan Raya Mayjen HE Sukma (Bocimi) tepatnya di Jembatan Cimande, Selasa (11/7/2017). 

Razia dilakukan terhadap semua jenis kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, namun lebih difokuskan terhadap kendaraan bermuatan besar (dump truck) yang melebihi kapasitas muatannya.

Kepala Satlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, memimpin langsung pelaksanaan razia tersebut. Dalam kegiatan ini pihaknya melakukan operasi kelengkapan surat-surat dan kelayakan kendaraan khususnya truk (R6) yang melintas di Jalur Bocimi baik yang mengarah ke Sukabumi maupun yang mengarah Jakarta.

“Kendaraan yang diperiksa lebih dari 200 kendaraan roda 6 lebih dan ditemukan berbagai jenis pelanggaran. Mayoritas kesalahan yaitu surat-surat tidak sesuai karena masih ditemukan pengendara truk dengan menggunakan SIM A, tidak layak jalan seperti ban yang sudah botak dan tidak layak pakai, KIR yang sudah mati atau belum diperpanjang,” ungkapnya.

Dalam penindakan tersebut, Satlantas Polres Bogor melakukan penindakan pelanggaran dengan menggunakan E- Tilang sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan sedangkan KIR kendaraan yang habis masa berlaku ditindak oleh petugas Dishub.

Hasil yang dicapai Satlantas dan Dishub menindak 43 kendaran dengan rincian STNK 28, SIM 7, sedang Dishub menindak 8 kendaraan. (fer)