Hallobogor.com, Cijeruk – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor memprediksi bakal terjadi peningkatan pemakaian dan perubahan jam puncak pemakaian air selama bulan suci Ramadan 1439 Hijriyah/2018. Meski begitu, PDAM menyatakan sudah siap melayani seluruh pelanggan selama 24 jam selama bulan suci Ramadan.

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, H. Deni Surya Senjaya, menjelaskan, pada bulan-bulan biasa jam puncak antara pukul 06.00 sampai pukul 08.00 Wib. Sedangkan pada bulan puasa pukul 02.00 sampai pukul 05.30. Berdasarkan pengalaman, perubahan ini juga bakal berdampak pada turbulensi atau tekanan pada pipa sehingga berpotensi terjadi kebocoran. 

“Tapi petugas kebocoran harus siap dan sigap 24 jam melakukan quick respons. Pelayanan tetap kami lakukan meski malam hari,” kata H. Deni Surya Senjaya, di Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Selasa (15/5/2018).

Mengenai produksi atau ketersediaan air, kata Deni, selalu terpantau aman meski memasuki musim kemarau. “Untuk antisipasi kekeringan, empat mobil tangki kami selalu standby termasuk portable tangki. PDAM juga sudah punya satu unit Mega Pure dengan kapasitas 2,5 liter per detik yang bisa dibawa ke mana-mana. Antisipasi ini sudah rutin dan bulan puasa ini kami prioritaskan,” jelasnya. (cep/dns)