Hallobogor.com, Bogor – PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor bekerjasama dengan Tim Hijau Desa Kota Batu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, dalam pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sekitar sumber mata air Kota Batu. Nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) diteken kedua belah pihak pada Rabu (24/5/2017).

Isi MoU tersebut antara lain, pemberdayaan masyarakat, menjaga kebersihan lingkungan, menjaga sumber mata air, pelestarian lingkungan hidup di lingkungan sumber mata air PDAM, pengelolaan sampah, dan penyuluhan pelestarian lingkungan hidup. Perjanjian berlaku selama satu tahun dengan biaya operasional dari PDAM.

Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, H. Deni Suryasenjaya, mengatakan, mata air Kota Batu adalah sumber mata air yang pertama dan terbaik yang dimanfaatkan oleh PDAM Tirta Pakuan. Namun lingkungan sekitar aset PDAM dengan luas 4 hektar lebih itu kurang terawat, bahkan kerap dijadikan tempat pembuangan sampah secara sembarangan.

“Penumpukan sampah tak baik untuk sumber mata air. Kami sering melakukan pembersihan tapi tak mempan dan kurang tertangani karena jumlah satpam terbatas sementara sumber mata air Kota Batu ini luas. Maka kami sangat mengapresiasi dibentuknya Tim Hijau inisiatif Kepala Desa Kota Batu ini. Nanti akan dirikan fasilitas pos jaga dan listrik serta rutin merawat kebersihan lingkungan,” ungkapnya.

H. Deni berharap kerja sama dengan Tim Hijau penjaga kebersihan lingkungan di Kota Batu ini terus berlanjut agar kualitas air Kota Batu tetap terjaga.

Dijelaskannya, selama ini sumber mata air Kota Batu melayani pelanggan zona 6. Kapasitas air yang dihasilkan sedikit berkurang jadi 60 meter kubik per detik dari sebelumnya 70 meter kubik per detik.

Dalam kesempatan yang sama, Kades Kota Batu, Abdurrohman, mengucapkan terima kasih atas segala bantuan yang diberikan PDAM. “Sebelumnya memang lokasi RTH dan selokan di belakang sumber mata air Kota Batu ini selalu dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga. Kami kuatir kalau dibiarkan akan berdampak buruk, maka kami membentuk Tim Hijau,” katanya didampingi Ketua LPM dan BPD Kota Batu.

Sebagai bentuk syukur atas kerja sama tersebut, usai teken MoU dilaksanakan pula pembagian paket sembako untuk masyarakat sekitar. (cep)