Hallobogor.com, Bogor – Bagi Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Posyandu tak hanya berkutat seputar kesehatan anak dan balita serta ibu hamil. Melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Lansia Kelurahan Sempur juga fokus pada penanganan kesehatan orang lanjut usia (Lansia). 

Lurah Sempur, Rena Da Frina, mengatakan, pemeriksaan gratis dan penyuluhan Lansia rutin dilakukan Posbindu setiap bulan. “Pemeriksaan meliputi tensi darah, cek kalau kepala pusing, terus pemeriksaan denyut jantung atau medical check up (MCU) serta senam diabetes,” tutur Rena.

Lansia yang menjadi anggota Posbindu Lansia Kelurahan Sempur, kata Rena, berusia antara 60-80 tahun yang berasal dari beberapa RW. Dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis dan  penyuluhan diharapkan para Lansia bisa mengetahui kondisi kesehatannya.

Menurut Lurah berparas cantik ini, kendala yang dihadapi umumnya Lansia  enggan ke posyandu karena tidak ada orang yang mengantar atau tidak bisa meninggalkan rumah karena mengurus cucu. Antisipasinya, kata Rena, pihaknya memberdayakan bantuan kader-kader di setiap wilayah untuk membawa para Lansia ke Posbindu.

Rena mengungkapkan, Lansia yang didominasi kaum wanita ini mayoritas memeriksakan gula darah, terapi kaki dan tangan, asam urat, dan kaki tangan pegal-pegal. (dns)