Hallobogor.com, Bogor – Puluhan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan Kampus Umar Usman yang tergabung dalam komunitas Sedekah Brutal, Flohope Indonesia, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), dan World Entrepreneur Community, berkumpul di Lapas Klas-II Bogor, dalam rangka silaturahmi dan buka puasa bersama (Bukber) masyarakat warga binaan, Sabtu (25/06/2016), kemarin.

Menurut Singgih Setiadi dari komunitas Flohope Indonesia Fakultas Ekonomi UI mengatakan, bahwa kegiatan di lapas ini memang sudah menjadi agenda rutin kita yang bertujuan memberikan pengajaran kepada para napi di Lapas Paledang, yang mana  tujuannya sendiri diharapkan warga binaan sehabis masa tahanan mereka dapat memanfaatkan pendidikan paket A, B dan C.

“Pada kesempatan ini kami hanya menjembatani untuk buka puasa bersama antara warga binaan lapas dengan komunitas sedekah brutal,” kata Singgih.

Singgih melanjutkan, masih banyak masyarakat binaan yang memiliki berpotensi pada dunia pendidikan. Karena itu kita dengan mengajak beberapa komunitas berinisiasi untuk menggali potensi warga binaan dari berbagai sisi khususnya anak-anak muda.

Sementara itu, Devi selaku project officer Sedekah Brutal mengatakan, sedekah brutal sekarang lagi melaksanakan project yang ke-15, dengan tema Cahaya Ramadhan di Lapas Paledang.

“Kenapa lapas Paledang yang kami pilih? Karena Sedekah Brutal memang biasanya memilih tema yang unik dalam setiap projectnya. Bantuan di lapas kan meski memang sudah ada sebenarnya, tapi masih kurang terjamah. Selain itu masih banyak pandangan negatif tentang lapas”, jelasnya.

Sementara kami berpendapat setiap orang masih bisa berubah jadi lebih baik dan kami ingin bisa menebarkan harapan itu, khususnya di bulan penuh ampunan dan rahmat seperti bulan Ramadhan ini.

Devi menambahkan, selain itu kami tertarik ingin membantu komunitas Flohope yang mengadakan kegiatan pendidikan di dalam lapas. Seperti dikutip Halloapakabar.com, lanjut Dia kegiatan itu sejalan dengan tema pendidikan yang jadi benang merah dari setiap project yang telah kami laksanakan.

“nah buka bersama ini salah satu paket donasi yang kami berikan. Selain beberapa paket donasi lainnya”, ucap Devi.

Kalapas Bogor Suharman mengatakan, sebagai tuan rumah kami merasa bangga dan berterimaksih kepada para komunitas dari kampus UI yang sudah menunjukan bahwa tugas pemasyarakatan ini bukan hanya tugas kami, tetapi menjadi tugas bersama.

“Wujud perhatian inilah yang ditunjukkan oleh mahasiswa Universitas Indonesia yang ingin memberikan motivasi dan semangat agar kelak para warga binaan bisa lebih baik dan bisa menjadi manfaat ketika kembali kepada masyarakat”, ujarnya. (dan/ndy)