Hallobogor.com, Caringin – Seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) masih memiliki waktu sekitar 1,5 bulan hingga tanggal 31 Desember 2015 untuk menyelesaikan penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya Desa (RAPBDes) tahun 2016.

“Oleh karena waktunya mepet, setiap Pemdes diminta segera menyelesaikan RAPBDes. Terutama menyangkut Laporan Pertanggungjawaban Dana Desa triwulan ketiga,” kata Sekretaris Camat (Sekcam) Caringin, Minarso, Senin (16/11/2015).

Minatnya mengatakan, selain harus menyelesaikan RAPBDes dan LPj Dana Desa triwulan ketiga, memasuki pencairan DD triwulan keempat setiap desa juga diharapkan segera menyelesaikan Rencana Kegiatan dan Program (RKP) sesuai dengan kebutuhan masing-masing di setiap desa. Selain itu, RAPBDes yang disusun harus sinkron dengan program-program dalam RKPD Pemkab Bogor.

“Pada Selasa besok (17/11/2015), kami akan mengadakan monitoring dan evaluasi tingkat kecamatan untuk 12 desa, baik pelaksanaan Dana Desa maupun Anggaran Dana Desa,” ungkapnya.
Menurutnya, kualitas realisasi maupun besaran nominal DD di 12 desa di Kecamatan Caringin relatif sama. “Dalam aturan dan Undang-Undang, peruntukan Dana Desa sudah jelas diuraikan. Prioritas peruntukannya juga sudah diatur, saya yakin setiap Kepala Desa sudah paham,” imbuh Minarso.(cep)