Hallobogor.com, Megamendung – Beras untuk keluarga miskin (raskin) yang kini berganti nama menjadi beras prasejahtera, masih tetap dibutuhkan oleh masyarakat di pedesaan. Terlebih bagi mereka yang hidupnya tidak mampu, kehadiran beras Bulog itu sangat dinantikan setiap bulannya.

Sejumlah desa di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, mulai mendistribusikan raskin pada pekan ini. Seperti dilakukan Pemerintah Desa Sukamanah, Jumat (19/8/2016) kemarin, staf desa sibuk mengatur pendistribusian raskin dengan melibatkan Ketua RT.

“Hingga saat ini beras Bulog itu masih dibutuhkan oleh masyarakat. Khususnya mereka yang perekonomian pas-pasan. Desa Sukamanah setiap turun beras itu cuma mendapatkan 2,7 kwintal. Jumlah itu masih kurang. Namun kami tidak bisa melakukan penambahan, karena jatah yang dikirim dari Bulog sesuai rumah tangga miskin yang ada di sini,” ujar Kades Sukamanah, Ismail, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Menurut warga penerima, agar rasa beras raskin itu tetap enak dikonsumsi dicampur dengan jenis beras yang dijual bebas di pasar. “Beras Bulog itu kami campur dengan beras yang dibeli dari warung. Ukurannya, beras bulog dua liter, beras yang bagusnya satu liter,” tutur Ma’mun. (Dang)