Hallobogor.com, Caringin – Para petani terutama petani padi salah satu yang terdampak kekeringan. Keberadaan saluran irigasi yang aliran airnya lancar pun sangat dibutuhkan agar tidak mengalami gagal panen.

“Irigasi merupakan hal yang tentunya tidak bisa dipisahkan dalam pertanian. Apalagi pada musim kemarau seperti sekarang ini. Sebagian wilayah memang ada yang kekurangan air untuk lahan pertaniannya karena debit air yang berkurang akibat kemarau beberapa bulan ini,” kata Kepala UPT Pertanian Caringin, Dedi Wawan K.

Dedi menegaskan, pemeliharaan saluran irigasi menjadi tanggung jawab bersama dan bukan hanya pemerintah. “Dalam pemeliharaan irigasi tersebut dituntut kesadaran warga juga, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan ke saluran irigasi,” katanya.



Selain itu, kata Dedi, tersumbatnya irigasi dapat menyebabkan bencana longsor pada musim hujan.

“Kami selaku pihak UPT hanya melayani sesuai kepentingannya atau kewenangannya. Beberapa kelompok tani yang ada di Kecamatan Caringin ini masih bisa menanam meski pada musim kemarau, ini kalau yang irigasinya lancar,” ujar Dedi. (wan)