Hallobogor.com, Megamendung – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bakal segera memiliki gedung pendidikan dan pelatihan (diklat) sendiri mulai tahun 2016 ini. Gedung diklat tersebut akan didirikan di Kampung Sirnagalih, Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, yang berjarak kurang lebih dua kilometer dari Jalan Raya Puncak.

Pada Senin siang (11/01/2016), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Adang Suptandar, meninjau ke lokasi. Ia ditemani sejumlah pejabat dan jajaran dari masing-masing dinas terkait, di antaranya Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, Bappeda, Asisten Pemerintahan, Dinas Tata Ruang dan Pertanahan, Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman, Camat, dan Kepala Desa.

“Luas lahannya sekitar satu hektar hasil ruislag dengan Ayuda Group. Jadi statusnya sudah hak milik Pemkab Bogor,” kata Adang.

Adang Suptandar mengatakan, sampai hari ini Pemkab Bogor belum memiliki gedung diklat. “Maka pendirian gedung diklat ini sifatnya sangat urgent dan bisa mengurangi beban APBD karena nanti tidak harus lagi menyewa tempat milik swasta. Kalau instansi-instansi lain sudah pada punya gedung diklat sendiri,” ungkapnya.

Menurut Sekda, tahap konstruksi bangunan akan dimulai sesuai tahapan. “Pertama akan ada FS (feasibility study) dulu, kedua kalau nanti dewan setuju, luas lahannya akan ditambah dua hektar karena kurang, dan kemungkinan nanti akan ada pembebasan lahan. Anggarannya di APBD Perubahan,” ujarnya.(cep)