Hallobogor.com, Ciawi – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor akan segera membangun Sekolah Dasar (SD) disabilitas tahun 2017 ini. Pembangunan SD khusus bagi penyandang disabilitas ini guna merealisasikan program pemerataan inklusif.

Kepala Bidang Pembinaan SD Disdik Kabupaten Bogor, Anwar Anggana, menjelaskan, SD yang nantinya akan dijadikan pilot project lembaga formal inklusif ini berlokasi di Kampung Ciawi Girang, Desa Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, dengan luas 11.000 meter persegi dengan aset kepemilikan Surat Keputusan pemerintah daerah.

“Untuk rencana awal akan dibangun sekitar 12 ruang, dengan satu kantor guru, serta beberapa unit toilet. Pembangunannya direncanakan tahun ini tapi dengan besaran anggaran yang lumayan besar, teknisnya harus melalui proses lelang,” kata Anwar Anggana yang ditemui saat meninjau lokasi lahan bersama Muspika Ciawi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor TB. Luthfie Syam. 

Lokasi bakal SD disabilitas ini berada di dalam permukiman dan akses jalannya hanya bisa dilalui sepeda motor atau pejalan kaki. “Ke depannya akan kami usahakan pembuatan akses lebih baik,” ujarnya.

Kepala Disdik Kabupaten Bogor, TB. Luthfie Syam, menuturkan, pembangunan unit SD disabilitas ini diperuntukan sebagai pengganti relokasi SDN Ciawi 3. Pembangunanya akan lebih cepat dari perencanaan sebelumnya, di mana proses lelang sudah akan dimulai bulan ini.

“Bila tidak ada hambatan proses pembangunan akan dimulai sebelum Ramadan,” ungkapnya.

Namun, ditegaskan Luthfie, dalam pembangunannya pihaknya akan melakukan pengawasan ketat, terutama bagi pihak rekanan penyedia jasa. (cep)