Hallobogor.com, Cibinong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat membawa pulang sejumlah penghargaan Ecovillage Award 2019 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, karena dinilai sukses dalam pembinaan Kampung Ramah Lingkungan (KRL).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Pandji Ksatriyadji melalui siaran persnya, Senin (4/11/2019) mengatakan bahwa penghargaan yang diraih itu mulai dari kategori tingkat kelompok masyarakat, hingga tingkat kepala daerah.

“Kehadiran saya untuk mewakili Ibu Bupati Bogor, Ade Yasin yang meraih penghargaan Anugerah Lingkungan Juara. Bupati Bogor dianggap sukses dalam melakukan pembinaan Kampung Ramah Lingkungan di Kabupaten Bogor,” kata Pandji.



Penghargaan kategori kepala daerah yang diraih Kabupaten Bogor ini mengungguli Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis, serta Kabupaten Bandung.

“KRL Berhias RW 04, Desa Puspa Sari meraih penghargaan Anugerah Lingkungan Juara Tahun 2019 di kategori pengembangan, sementara Ecovillage Desa Batulayang, Cisarua dan KRL Pandawa 5, Kelurahan Pabuaran Mekar, Cibinong meraih penghargaan yang sama di kategori lanjutan. Selain itu Lilik Purwantoro meraih penghargaan yang sama untuk kategori fasilitator,” paparnya.

Di samping itu, sejumlah KRL di Kabupaten Bogor juga menerima Sertifikat ProKlim Utama Tahun 2019 dari Direktorat Adaptasi Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“ProKlim RW 04 Desa Batulayang, Cisarua, ProKlim RW 11 Kelurahan dan Kecamatan Cibinong dan ProKlim RW 10 Desa Bendungan, Ciawi yang dianggap berhasil menjaga dan melestarikan lingkungannya meraih Sertifikat ProKlim Utama Tahun 2019 dari KLHK Direktorat Adaptasi Lingkungan,” jelas Panji.

Menurutnya, dominasi raihan penghargaan yang diterima oleh Bupati Bogor dan masyarakat Kabupaten Bogor ini berkat kerja keras semua pihak atas kepedulian terhadap lingkungan.

“Kerja keras masyarakat melalui KRL, Ecovillage dan ProKlim serta dukungan penuh dari Bupati Bogor Ade Yasin untuk melestarikan lingkungan membuat Kabupaten Bogor mendominasi raihan penghargaan Anugerah Lingkungan Juara Tahun 2019. Semoga prestasi ini bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan pada tahun selanjutnya,” tuturnya, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (fik)