Hallobogor.com, Cibinong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat terus berinovasi dengan menghimpun saran maupun usulan yang dikemasnya menggunakan jaringan daring (Online) dengan masyarakat hanya perlu mengakses melalui situs resmi atau media sosial (Medsos) milik daerah setempat.

“Cara ini tentu cukup muthakir, di mana hiruk pikuk kesibukan masyarakat tentu berbeda-beda, jadi bila itu dilakukan melalui Medsos akan jauh lebih mudah,” kata Bupati Bogor, Ade Yasin di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (22/1/2019).

Menurut dia, wadah untuk menghimpun gagasan, saran, masukan dan usulan, baik online maupun dengan bertatap muka yang diberi nama tempat perencanaan strategis (Teras) pancakarsa.



Maksud dari kegiatan ini sebagai forum konsultasi publik guna memperoleh masukan dan penyempurnaan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bogor periode 2018-2023.

Keberadaan Teras pancakarsa ini kiranya tidak hanya akan mendekatkan Bupati dan Wakil Bupati dengan seluruh pemangku kepentingan maupun warga masyarakat pada umumnya.

“Tujuannya berpotensial untuk menghasilkan perencanaan yang baik dan berkualitas. Dengan adanya itu tentu sumber kebutuhan pada sistem pembangunan daerah akan terus berkembang bilamana masyarakat juga diikutsertakan,” ujar Bupati.

Jadi secara pelaksanaannya dapat lebih dipertanggungjawabkan secara bersama dan tentunya untuk pengawasan akan jauh lebih baik. Ini dikarenakan program pembangunan daerah bersumbet pada saran dan masukan yang konstruktif dari berbagai pihak.

Ia mengemukakan, bentuk-bentuk penghimpunan saran, masukan dan usulan masyarakat dalam Teras pancakarsa dapat bersifat online (Daring) dengan membuka layanan Medsos yaitu website resmi Kabupaten Bogor.

Masyarakat hanya membuka situs www.bogorkab.go.id yang nantinya terdapat kolom tersendiri untuk memberikan saran. Selain itu juga dapat membuka Laras Online pengaduan.bogorkab.go.id, Instagram @bogor.kabupaten, Facebook @bogorkab, dan Twitter @bogorkab.

Bupati juga menyampaikan agenda Teras pancakarsa tahap pertama adalah pertemuan dengan perguruan tinggi yaitu IPB, dilanjutkan dengan UIK, STIKIP Muhammadiyah Leuwiliang dan Universitas Djuanda.

Selain itu, dalam rentang waktu yang tidak lama Pemkab Bogor juga akan membangun Teras milenials guna mengakomodasi gagasan-gagasan generasi muda milenial untuk turut serta membangun Kabupaten Bogor. “Teras milenials ini merupakan co-working space pertama di Kabupaten Bogor yang di dalamnnya terdapat career center,” katanya, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (faj)