Hallobogor.com, Bogor – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat pastikan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di wilayah utara akan dimulai pada Tahun 2020.

“Ini sebagai salah satu cara agar pelayanan bidang kesehatan dapat lebih terjamin. Dan lahan yang digunakan juga sudah tersedia,” kata Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin saat melakukan kunjungan ke Kecamatan Rancabungur, Rabu (13/2/2019).

Bupati Bogor mengatakan RSUD di wilayah utara Kabupaten Bogor menjadi prioritas sebagai bagian pelayanan dasar kepada masyarakat.

Dan anggaran pada pembangunan tersebut nantinya berasal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat maupun Pemerintah Pusat.

“Insyaallah tahun depan sudah mulai dibangun pembangunan RSUD di wilayah utara, Pemerintah Kabupaten Bogor akan terus mendorong agar hal tersebut terlaksana baik dengan mengajukan proposal ke Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi,” katanya.

Selain itu juga memprioritaskan untuk Kecamatan Rancabungur sebagai daerah pertanian.

Itu dikarenakan pada daerah tersebut masih memiliki lahan produktif yang cukup luas. Sedangkan dari hasilnya lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan lahan seluas tiga hektare merupakan hasil penyerahan fasilitas sosial atau fasilitas umum dari salah satu developer (Pengembang).

Dan itu nanti tentunya dapat digunakan untuk pembangunan RSUD di wilayah utara Kabupaten Bogor atau lebih tepatnya pada cakupan Kecamatan Rancabungur. “Tadinya Dinas Kesehatan menganggarkan Rp50 miliar untuk pembebasan lahan, namun karena tidak ada duit akhirnya kami mencari lahan fasilitas sosial atau fasilitas umum,” kata Baharudin.

Ini bertujuan agar pada awal tahun 2020 proyek pembangunan RSUD Wilayah Utara bisa dimulai tahun 2020.

Oleh sebab itu maka meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) mengusulkan rencana tersebut masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan di tahun 2019. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (faj)