Hallobogor.com, Cibinong – Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat bersama forum perangkat daerah setempat membahas dan menyusun rancangan kerja tahun 2020 dengan tema Optimalisasi Pendapatan Daerah untuk Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor.

Menurut Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Senin (11/2/2019), rancangan rencana kerja harus bersumber pada kebutuhan masyarakat, sesuai Peraturan Pemerintah nomor 45 tahun 2017.

Pada aturan tersebut harus mengacu terkait kebutuhan dengan cara pemerintah daerah mendorong partisipasi masyarakat dalam kegiatan penyusunan rencana kerja perangkat daerah. “Kita mendorong partisipasi masyarakat dalam penyusunan rencana kerja perangkat daerah,” katanya.

Dengan adanya rencana tersebut Pemkab Bogor telah menjadwalkan pelaksanaan bagi 32 perangkat daerah mulai.

Dimulai hari ini hingga Jumat (22/2) untuk dapat menyelaraskan pelaksanaannya berikut rumusan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Ia menambahkan rancangan awal rencana kerja perangkat daerah yang telah tersusun dapat langsung dievaluasi melalui kritisi dari seluruh peserta forum.

Itu agar mendapatkan prioritaskan program yang nantinya bisa diunggulkan dan kegiatan yang benar-benar dapat mendukung terwujudnya visi maupun misi periode 2018-2023.

Pada dasarnya semua kegiatan menjadi prioritas, tapi kita sekarang harus benar-benar lihat mana program yang harus menjadi prioritas utama, kata Iwan.

Pada dasarnya program-program unggulan pancakarsa, yaitu masyarakat bogor cerdas, bogor sehat, dan maju dalam perekonomian.

Selain itu, pembangunan harus terlihat dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Bogor. (mfd)