Hallobogor.com, Kota – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor Bambang Budianto akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan pengawasan pertokoan dan pasar terhadap peredaran makanan dan parsel.

Dalam kesempatan tersebut Bambang mengatakan, karena tingkat permintaan yang cukup tinggi pada saat bulan puasa dan menjelang lebaran. “Biasanya banyak ritel yang tetap menjual makanan kemasan, parsel yang tidak layak edar atau tidak layak dikonsumsi dan tentunya hal itu akan sangat merugikan konsumen,” jelas Bambang.

Menurut Bambang yang akan di datangi adalah supermarket, minimarket termasuk pasar tradisional yang menjual makanan dengan kemasan tertutup termasuk parsel. “Ini akan menjadi fokus kami dalam melakukan pengawasan peredaran makanan kemasan,” ungkapnya.

Menurut Bambang langkah tersebut ditujukan untuk menekan peredaran makanan kemasan yang kedaluwarsa dan kemasan rusak. “Yang juga penting makanan yang beredar juga harus menyampaikan informasi komposisi, bahan baku dan bahan kemasannya,” katanya.

Jika di lapangan ditemukan adanya makanan kemasan yang kedaluwarsa atau rusak maka barang- barang tersebut, katanya, akan ditarik. “Untuk parsel pun, dari tim pengawas berhak membuka satu sampel parsel dan mengecek,“ ungkap Bambang. (kot)