Hallobogor.com, Megamendung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sedang mengejar target kinerja ketiga terbaik di Provinsi Jawa Barat (Jabar) dalam pelaksanaan pemerintahan. Jelang akhir tahun 2015 ini, proses evaluasi kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Bogor dari berbagai sisi masih berlangsung.

Hasil evaluasi kinerja tahun 2013 yang dilakukan pada 2014 posisi LPPD ada di urutan 22 dari 27 kota/kabupaten di Jabar dan urutan 50 nasional. Dan pada 2014 meningkat ada di posisi lima besar dan posisi 15 nasional.

“Jadi ada apresiasi dari pemerintah pusat maupun provinsi terhadap pelaksanaan pemerintahan di Kota Bogor. Kami berharap jadi tiga besar terbaik pada 2015,” kata Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Usmar mengatakan hal itu pada Kamis (17/12/2015), usai memberikan pengarahan terkait peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah di Wisma Bahtera, Cipayung, Megamendung, Kabupaten Bogor, Usmar menjelaskan, kinerja penyelenggaraan pemerintahan Pemkot Bogor akan dibuktikan sesuai hasil laporan yang dilakukan dalam empat tahapan. Yakni LPPD, LKPj ke DPRD, LHP oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan laporan ke masyarakat.

“Semua tahapan dilakukan secara berjenjang dan dilakukan di semua OPD hingga tingkat kelurahan. Selain keempat tahapan itu ada juga laporan-laporan lainnya seperti Lakip,” katanya.

Wakil Walikota Bogor menyadari pula bahwa kinerja PNS sebagai penyelenggara pemerintahan berkorelasi dengan perilaku PNS. Sehingga, dirinya tidak menampik masih adanya sebagian PNS yang berperilaku negatif dan tersandung kasus hukum.

“Semua akan dievaluasi, terutama eselon II dan III. Reward and funishment juga tetap berjalan, semua ada laporannya. Kalau nanti hasil evaluasi hasilnya buruk, pecat saja,” tegasnya.

Selain itu, kata Usmar, peningkatan kinerja PNS Pemkot sekitar 9.000 orang sangat erat kaitannya dengan tersedianya sarana prasarana. Di mana saat ini Pemkot Bogor sedang menerapkan pelayanan prima dan terpadu (PATEN) hingga tingkat kecamatan dan kelurahan. (cep)