Hallobogor.com, Bogor – Pemerinta Kota Bogor menggandeng salah satu Unicorn di Indonesia untuk menyediakan 10 unit sepeda bernama “Bukabike” di pedestrian seputaran Kebun Raya Bogor (KRB) Jawa Barat, yang bisa digunakan masyarakat untuk mengelilingi trotoar KRB dan Istana Bogor.

“Ini pertama di Indonesia untuk Pemerintah di Indonesia. Tujuannya untuk meningkatakan animo warga berolahraga, kedua menarik wisatawan. Ini sensasinya berbeda, naik sepeda keliling Istana dan KRB ini,” ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto saat meresmikan sepeda Bukabike, Rabu (24/4/2019).

Menurutnya, ke depan ia akan mengajukan pengadaan unit sepeda lebih banyak, sehingga titik penyediaan Bukabike tidak hanya di pedestrian KRB, melainkan pedestrian lainnya di Kota Bogor.



“Nanti ditambah terus, nanti titik yang nyaman untuk sepeda juga ditambah, yang terpenting sekarang kita pastikan sistemnya ini berjalan,” kata Bima.

Sementara itu, CEO sekaligus Founder Bukalapak, Achmad Zaky di tempat yang sama mengatakan bahwa kerjasama tersebut merupakan yang pertama dijalin dengan pemerintah daerah.

“Iya kami dari Bukalapak mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Bogor dan Wali Kota Bogor yang sangat cepat sekali merespon ini,” tuturnya.

Cara untuk menggunakan Bukabike ini yaitu dengan cara menginstall aplikasi Bukalapak ataupun mengakses website bukalapak.com. Kemudian masuk ke fitur Bukabike dan memindai barcode yang tersedia di sepeda.

Setelah itu, kunci sepeda terbuka dengan sendirinya, kemudian sepeda siap digunakan dengan waktu maksimal penggunaan 30 menit. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (fik)