Hallobogor.com, Bogor – Pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kota Bogor meletakkan batu pertama renovasi gedung PWI, Jalan Kesehatan, Tanah Sareal. Acara peletakan batu pertama yang dihadiri Plt Wali Kota Bogor, pimpinan DPRD, dan Muspida ini dilaksanakan pada Selasa (27/3/2017).

Gedung PWI Perwakilan Kota Bogor ini kondisinya sangat memerihatinkan. Sudah hampir lima tahun ini gedung organisasi pewarta itu ambruk tak beratap, ditumbuhi rumput ilalang, gelap tak bertuan.

Dana awal renovasi berasal dari dana swadaya serta donasi anggota dan donatur pada saat Hari Pers Nasional (HPN) Februari 2018 lalu.

“Pada acara Hari Pers Nasional Februari lalu, telah terkumpul sumbangan atau donasi sebesar Rp4.020.00. Itu menjadi modal awal kami untuk melaksanakan renovasi gedung PWI ini. Perlu kami sampaikan juga, kami telah membuat gambar dan anggaran renovasi gedung PWI, tidak terlalu besar anggarannya sekitar Rp500.000.000 untuk dapat merapihkan gedung PWI ini,” papar Plt Ketua PWI Perwakilan Kota Bogor Arie Surbakti yang menggantikan alm. H Tarwono.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono mengatakan, semangat kawan-kawan wartawan untuk merenovasi gedung PWI secara swadaya ini harus disupport. “Tetap kami akan bantu pada tahun 2019 melalui APBD. Nanti entah pada saat anggaran itu dicairkan apakah posisi gedung ini sudah selesai atau dalam tahap finishing atau bagaimana nanti tinggal kita sesuaikan saja, tetapi saya sudah berbicara dengan Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Bappeda, dan TAPD, mereka setuju untuk membangun gedung ini kembali supaya teman-teman wartawan ini bisa menikmatinya,” bebernya.

Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Inf. Dodi Suhadiman juga mengapresiasi inisiatif anggota PWI untuk membangun gedung yang sudah runtuh ini dengan swadaya. “Ini menggugah pemerintah daerah agar memberikan perhatian kepada PWI. Alhamdulillah dari DPRD sudah memberikan perhatian dan menjanjikan pada tahun 2019. PWI ini adalah wadah, yang penting diharapkan akan menjadi rumah dan sumber berita-berita yang terpercaya di Kota Bogor,” tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono, Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Inf Dodi Suhardiman, perwakilan Kejaksaaan Negeri Bogor, perwakilan Danrem 061/SK, perwakilan Dinas Pendidikan Kota Bogor, serta jajaran pengurus PWI Kabupaten Bogor, serta awak media. (dns)