Hallobogor.com, Caringin– Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan kunjungan kerja sekaligus monitoring program air bersih Yang dilakukan oleh PT. Tirta Investama Pabrik Ciherang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Kamis (15/9/2016).

Kunjungan kerja tersebut dilakukan oleh Kepala Bidang (Kabid) Air Tanah Dinas ESDM Provinsi Jabar, Aan Noerhasanah, dan Kepala UPT ESDM Wilayah Cianjur, Jabar, Kurnia.

“Kami mengapresiasi program air bersih yang telah dilakukan oleh perusahaan bekerjasama dengan masyarakat. Program air bersih merupakan bentuk kepeduliaan perusahaan sekaligus bagian pemenuhan kewajiban,” ungkap Aan Noerhasanah, di sela kunjungannya di salah satu Sarana Air Bersih (SAB) bantuan Aqua di Desa Ciherang Pondok.

Menurutnya, keberhasilan program air bersih didukung oleh kemandirian kelompok pengelola air bersih, kemandirian merawat fasilitas air bersih, kedisiplinan membayar iuran pemakaian air, serta demokratisasi kepengurusan kelompok merupakan bukti kemandirian kelompok.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPT ESDM Wilayah Cianjur, Kurnia, berharap program air bersih menjadi program rutin perusahaan yang terus berlanjut untuk membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan akses air bersih. 

“Saat ini masih banyak warga yang membutuhkan program air bersih untuk memenuhi kebutuhan pokok, sehingga program seperti ini layak ditiru oleh perusahaan lainnya,” katanya.

Sementara Heri Yunarso selaku perwakilan CSR PT. Tirta Investama pabrik Ciherang, menyampaikan ucapan terima kasih atas monitoring yang dilakukan oleh ESDM Provinsi Jabar sebagai bagian evaluasi program. 

“Total program air bersih yang telah dilakukan oleh pabrik Ciherang berjumlah 14 titik, untuk RT 03/01 pembangunan sarana air bersih dilakukan pada tahun 2013. Dari 14 titik sarana air bersih penerima manfaat saat ini berjumlah 854 kepala keluarga. Setiap rumah dipasangi alat meter air sebagai dasar hitungan pemakaian dan pembayaran untuk setiap bulannya yang dilakukan oleh panitia air,” jelasnya.

Sebelum monitoring program air bersih, Kabid Air Tanah dan Kepala UPT ESDM Provinsi Jabar menyempatkan menanam pohon langka di area Taman KEHATI Pabrik AQUA Ciherang sebagai upaya konservasi lingkungan perusahaan.(cep)