Hallobogor.com, Bogor – Ratusan pencinta mobil antik mengadakan touring simpatik, Minggu (17/4/2016) pagi. Pada touring perdana bertajuk “Katro Goes To Bogor” ini ratusan mobil klasik retro buatan tahun 1975-1985 menempuh jarak Jakarta – Bogor.

Ketua Umum Klasik Retro, Andi Dwiyono mengatakan, kegiatan ini digagas bertujuan selain untuk mempererat tali silaturahmi antar pencinta mobil klasik retro, utamanya adalah menciptakan jalur klasik retro yang diawali di kasawan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

“Jalur ini ingin seperti para matar up di Australia dan rusistisix di Amerika. Pencinta, penggemar atau penikmat bisa berkumpul di situ, dan jalur ini bisa menjadi objek wisata khususnya bagi mobil maupun motor kuno,” kata Andi ditemui di Pool Side Parahyangan Coffee, Cimahpar, Kota Bogor. Demikian, seperti dikutip Halloapakabar.com.



Andi juga mengatakan, jalur tersebut tak hanya sebatas diciptakan di Jakarta Selatan, kedepan pihaknya akan mengembangkan juga di kota-kota lain di seluruh Indonesia. Lanjut dia, disela-sela touring atau konvoi para pengemudi mobil klasik retro turut juga mensosiaisasikan tata cara berlalu lintas yang baik dan benar.

“Kita mengawali dari diri sendiri dengan mematuhi marka jalan, traffic regulation dan batas kecepatan menggunakan jalan tol. Barulah mengajak komunitas-komunitas yang lain untuk tertib berlalu lintas dan utamakan keselamatan di jalan,” ungkapnya.

Dimata pencinta mobil maupun motor antik, menurut Dik Gandaria sapaan akrabnya, memang kendaraan yang sudah tua agak sulit dalam masalah pemeliharaannya, tetapi menjadi incaran untuk dikoleksi karena memiliki nilai sejarah dan nilai harga tak terhingga. “Kebetulan dari kami juga disini banyak kolektor mobil kuno,” tukasnya.

Selepas touring simpatik dan jeda istirahat para pencinta mobil antik ini mengisi kegiatan dengan diskusi membahas seputar mobil maupun motor klasik retro. Acara semakin meriah saat memasuki sesi hiburan dan game serat pembagian door prize. (hrs).