Hallobogor.com, Kota – Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Edgar Suratman melaporkan pelaksanaan PPDB Online, selama Mei – Juni 2015 pada briefing staff, Selasa (14/7). Untuk tingkat SMA jumlah calon siswa yang mendaftar sebanyak 11.000 atau sekitar 34,55 persen. Jumlah itu meningkat dibanding Tahun 2014 yang mencapai 9.000 pendaftar. Sedangkan untuk tingkat SMP, jumlah calon siswa yang mendaftar 23.000 atau sekitar 21,24 persen. Jumlah pendaftar tingkat SMP meningkat dibanding Tahun 2014 yang hanya 15.000 pendaftar.

Besarnya minat calon siswa luar Kota Bogor yang ingin bersekolah di Kota Bogor, sempat memunculkan sedikit kekhawatiran. “ Alhamdulillah, hal tersebut tidak terbukti. Untuk Tingkat SMA, jumlah pendaftar yang berasal dari Kabupaten berjumlah 13 persen sedangkan Tingkat SMP 27 persen,” ungkap Edgar.

Untuk pendaftar jalur prestasi, jalur tenaga pendidik dan kependidikan serta keluarga tidak mampu, pelaksanaan di Kota Bogor lebih baik dibanding kota-kota lain. Hal tersebut disampaikan Edgar Suratman dengan mengutip pernyataan Irjen Kementerian Pendidikan yang turun melihat gambaran kenyataan yang ada.

“Untuk permasalahan yang muncul diawal pelaksanaan, pihak terkait telah mengklarifikasi. Prinsipnya, setiap penyelesaian masalah kami berusaha untuk herang caina, meunang lauknna. Sukses tanpa ekses,” tegas Edgar.

Sementara itu, Walikota Bogor, Bima Arya menyatakan, permasalahan yang muncul di awal pelaksanaan PPDB Online terletak pada kesalahan prediksi dari pihak penyedia server. “Sedangkan untuk jalur keluarga tidak mampu yang menggunakan SKTM, penyelenggaraan di Kota Bogor masih lebih baik dibanding Kota Bandung,” ungkap Bima. (kot)