Hallobogor.com, Megamendung -Rencana proyek pembangunan waduk Ciawi di kawasan Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, belum juga menemui kejelasan. Meski telah berulang kali sosialisasi digelar, sampai saat ini Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat belum menetapkan lokasi bakal Waduk Ciawi secara resmi.

Menurut Kepala Desa (Kades) Sukakarya, Kecamatan Megamendung, Siti Asliyah, pihaknya masih menunggu kejelasan dan tindak lanjut rencana proyek waduk tersebut.

“Sampai saat ini saya belum mendapat perkembangan lanjutan. Yang saya tahu, sampai saat ini masih dalam tahap pemberkasan tanah-tanah warga yang akan dibebaskan dan menunggu penetapan lokasi oleh Gubernur Jawa Barat,” jelas Siti Asliyah.

Siti mengemukakan, luas tanah warga di wilayahnya yang bakal terkena pembebasan untuk waduk sekitar 12 hektar.

“Untuk jumlah warganya saya belum tahu persis. Harga yah ditawarkan warga juga bervariatif, yang pasti warga inginnya dibayar dengan harga tinggi,” ujarnya.

Seperti diberitakan, Waduk Ciawi merupakan proyek Pemerintah Pusat bekerjasama dengan Pemprov Jabar dan Pemprov DKI yang bertujuan untuk menangani bencana banjir di Jadebotabek.(cep/dang)